Pendaki Wajib Tahu! 6 Etika Mendaki Gunung Jangan Seenaknya

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 15:33 WIB
 6 Etika Mendaki Gunung   (Pixabay.com)
6 Etika Mendaki Gunung (Pixabay.com)



Indonesia punya letak geografis dan astronomis yang membuatnya memiliki keanekaragaman bentukan alam melimpah seperti gunung, pegunungan, laut, gua, sungai, danau, lembah, dan lain sebagainya.

Salah satu aktivitas yang banyak digemari dengan memanfaatkan potensi wilayah dan alam tersebut ialah pendakian. Namun, tetap saja alam bebas bukanlah kuasa manusia untuk ditahlukkan. Berikut, 6 etika dasar yang wajib kamu pegang teguh saat melakukan pendakian!

Baca Juga:Bekali Anak dengan Berbagai Keilmuan, Camat Gunung Sahilan Lantik Pengurus Forum Anak Gunung Sahilan

1. Jaga Sopan Santun

Satu hal paling penting yang harus kamu perhatikan ialah menjaga sopan santun. Entah kepada sesama manusia ataupun kepada alam itu sendiri. Alam juga adalah bagian dari mahluk hidup yang perlu kita jaga dan hormati keberadaannya.

Jadi, usahakan kamu tidak bertindak sembrono dan semena-mena bahkan di tengah hutan sekalipun. Ingatlah, jika kamu juga adalah tamu bagi alam yang perlu menjaga sopan santun. Mulutmu adalah harimaumu, jadi sebisa mungkin jaga mulutmu dari umpatan kotor atau lebih baik diam.

2. Tidak Memetik/Merusak Tanaman Sembarangan

Yang kedua, ialah tidak memetik atau merusak sesuatu sembarangan. Sebenarnya ini berlaku untuk segala hal, tapi utamanya tanaman yang merupakan salah satu mahluk hidup di sana.

Ingatlah, tindakan iseng atau yang kamu anggap sepele dan remeh bisa menjadi malapetaka entah bagi diri sendiri atau orang lain. Misalkan mengganti arah penunjuk jalan yang biasanya tertempel di pohon, merusak palang jalan, dan lain sebagainya.

Mengganti penunjuk arah merupakan tindakan kriminal fatal yang bisa menyebabkan pendaki tersesat, apalagi merusak palang yang sengaja dipasang karena medan terlalu berbahaya. Ancamannya gak main-main!

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Hipwee, Qerja.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X