Anti Panik, Ini 5 Solusi GTM si Kecil Salah Satunya Atur Jadwal Makan Teratur

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:24 WIB
Ini 5 Solusi GTM si Kecil (Pixabay.com)
Ini 5 Solusi GTM si Kecil (Pixabay.com)

Salah satu fase yang banyak ditakuti para orang tua ketika anak atau bayi yang mulai memasuki usia 6 bulan ke atas mengalami fase GTM atau Gerakan Tutup Mulut.

Nah, GTM umumnya terjadi saat anak mulai diperkenalkan dengan MPASI, ditandai dengan anak sering menolak untuk membuka mulut saat diberi makanan. Lalu apa yang harus dilakukan saat anak melakukan GTM?

Baca Juga:Energy Booster, Berikut 6 Jenis Makanan Penambah Stamina


Atur Jadwal Makan Anak
Langkah pertama untuk mengatasi anak yang mulai masuk fase GTM, ada baiknya Anda mulai menetapkan jadwal makan yang teratur. Dengan mengatur jadwal makan anak, misalnya makan pagi jam 7 pagi dan makan siang pada jam 12 atau 1 siang.

Lalu makan malam jam 7 malam. Anda masih bisa menambahkan makanan selingan di antara jam makan tersebut, misalnya cemilan buah pada pukul 9 pagi dan boleh konsumsi snack sekitar jam 3 atau 4 sore.

Menerapkan jadwal makan anak seperti di atas, akan membantu anak terbiasa makan tepat waktu saat rasa lapar datang. Supaya jadwal bisa terpenuhi dengan baik, usahakan anak tidak menyamil di luar jam makan karena akan membuat mereka kenyang dan akhirnya tidak mau makan pada saat jam makan tiba. Dengan cara ini, perlahan Anda bisa mengatasi GTM pada anak.


Cari Tahu Penyebab GTM
Tak jarang, anak melakukan GTM karena dia merasa trauma, tidak suka, atau bosan dengan makanan yang dikonsumsi.

Kondisi inilah yang kemudian membuat anak menolak untuk mengonsumsi makanan. Sebagai orang tua, Anda bisa menghadapi kondisi ini dengan mencari tahu, apa yang menjadi penyebab anak GTM.

Kalau penyebabnya karena anak merasa bosan dengan menu makanan, artinya Anda perlu membuat menu makanan yang lebih bervariasi, baik dari jenis bahan makanan, rasa, aroma, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Hipwee.com, yoursay.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X