Tanamkan Kemandirian!  Ini 5 Tips Mendidik Anak agar Tak Manja

- Selasa, 2 Agustus 2022 | 22:44 WIB
 5 Tips Mendidik Anak agar Tak Manja (Pixabay.com)
5 Tips Mendidik Anak agar Tak Manja (Pixabay.com)

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin anak tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan serba bisa. Keinginan ini tentu saja tak ada salahnya karena kemandirian dibutuhkan ketika anak mulai masuk dalam masyarakat.

Namun sayangnya, keinginan tersebut kadang tak disertai dengan penerapan pola asuh yang tepat. Alih-alih membentuk anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan mandiri, Anda malah memanjakan anak. Anda melayani semua kebutuhan anak dan tidak melatih anak melakukan hal-hal yang seharusnya bisa anak lakukan.

Pola asuh seperti apa sih yang harus diterapkan supaya dapat membentuk anak sedini mungkin agar bisa menjadi pribadi yang mandiri?

Baca Juga: Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi


Latihan Bertanggung Jawab untuk Hal-Hal Sederhana
Mendidik anak agar tak manja bisa Anda mulai dengan melatihnya untuk bertanggung jawab atas hal-hal kecil yang sudah bisa anak lakukan sesuai dengan usianya. Misalnya, merapikan mainan setelah selesai bermain, merapikan tempat tidur sendiri, mengembalikan benda-benda ke tempatnya, dan sebagainya. Ketika anak sudah lebih besar, ajak anak untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah sederhana, seperti menyapu lantai, mencuci piring, atau sekadar membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya.

Memberi anak pekerjaan rumah yang terbilang ringan akan mengembangkan kemampuannya dalam melaksanakan tanggung jawab. Kemudian meningkatkan kepercayaan dirinya dalam melakukan suatu hal. Selain membuat anak terbiasa bertanggung jawab sedari kecil, anak juga akan belajar aktivitas yang seharusnya dilakukan di rumah. Kebiasaan baik yang terbentuk sejak kecil akan menjadi bekal sampai kelak anak dewasa.

mengenalkan anak pada konsekuensi atas suatu hal
Mengenalkan Konsekuensi dari Setiap Tindakan
Mengajarkan anak mengenai konsekuensi atas suatu hal, merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghindarkannya dari sikap manja. Beritahu anak bahwa ada konsekuensi yang harus ditanggung untuk setiap tindakan atau keputusan yang ia ambil. Artinya, ketika anak tidak melakukan kewajiban yang sudah disepakati bersama, maka akan ada konsekuensi yang harus ia terima.

Mengajarkan anak mengenai konsekuensi sedari dini, akan membuatnya sadar bahwa ada risiko yang harus dihadapi jika melakukan hal yang tak seharusnya. Jangan menjadi orang tua yang memberi excuse atau kesempatan lain pada anak. Karena kalau Anda jadi terlalu permisif dan sering memaklumi tindakan kurang bertanggung jawab, maka anak akan tumbuh manja dan jadi terbiasa menghindari tanggung jawabnya.

Ajarkan Anak untuk Berterima Kasih
Mengajarkan anak untuk berterima kasih atas hal atau bantuan dari orang lain akan membuatnya menjadi pribadi yang mudah menghargai orang lain. Sebagai orang tua, Anda merupakan role model yang paling tepat untuk mengajarkan anak cara memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada orang lain.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Hipwee.com, yoursay.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X