Kenali, 7 Kebiasaan yang Wajib Dimiliki untuk Peningkatan Produktivitas Kerja

- Senin, 1 Agustus 2022 | 23:08 WIB
Kenali, 7 Kebiasaan yang Wajib Dimiliki untuk Peningkatan Produktivitas Kerja (Pixabay.com)
Kenali, 7 Kebiasaan yang Wajib Dimiliki untuk Peningkatan Produktivitas Kerja (Pixabay.com)

Orang sukses adalah orang yang bisa bekerja dengan lebih produktif dan efisien. Hal ini sudah banyak terbukti dan mau tidak mau bagi yang ingin sukses tentu perlu bisa melakukan peningkatan produktivitas kerja pula.

Mengikuti kebiasaan orang-orang seperti ini akan membantu Anda memaksimalkan produktivitas kerja Anda dan mencapai hal-hal hebat dalam hidup. Produktif adalah mampu menghasilkan banyak pekerjaan dengan hasil yang terbaik dan mengoptimalkan efisiensi waktu. Tapi ingat, produktif tidak berarti melakukan pekerjaan secara multitasking.

Anda mungkin sekarang bertanya-tanya, bagaimana orang sukses, seperti pengusaha, CEO, atlet, atau selebritis, bisa bekerja setiap hari dengan energi yang tidak ada habisnya? Bagaimana mereka bisa antusias dan bisa mencapai target seperti yang telah mereka tetapkan? Pastinya mereka telah menguasai strategi bekerja produktif.

Orang produktif tentu memiliki rahasia sendiri dan mempunyai rutinitas harian atau ritual tertentu yang berbeda dengan orang lainnya. Pengukuran produktivitas kerja mereka selalu berbanding lurus dengan pencapaian yang mereka dapatkan. Mereka cenderung meniti karir dengan memanfaatkan waktu seefektif dan seefisien mungkin. Lantas, apa saja kebiasaan orang sukses yang bisa meningkatkan produktivitas kerja?


Buku yang dikarang Stephen R. Covey berjudul The 7 Habits of Highly Effective People membongkar rahasia yang harus Anda miliki jika ingin menjadi orang yang produktif. Buku ini juga sering digunakan para motivator dalam seminar dan hampir semua orang setuju dengan ajaran yang disampaikan Stephen R., Covey.

Buku ini pertama kali diterbitkan tahun 1989 dan telah terjual 25 juta eksemplar di seluruh dunia. Dalam buku ini menjelaskan pandangan Covey tentang cara Anda memandang dunia sepenuhnya didasarkan pada persepsi Anda sendiri. Untuk mengubah situasi tertentu menjadi lebih baik, Anda harus mengubah diri Anda. Untuk mengubah diri, Anda harus mampu mengubah pola pikir.

Covey menambahkan bahwa menjadi produktif adalah menjadi orang yang efektif dan efisien. Lantas apa perbedaan efektif dan efisien? Efektif menurut Covey, keseimbangan antara hasil yang diperoleh dengan mempertahankan proses untuk mencapai hasil tersebut. Sedangkan efisien, artinya berapa banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan menghemat waktu dan tenaga serta biaya.

Dalam buku ini juga dijelaskan bagaimana kesuksesan bisa didapat dari etika kepribadian di mana kesuksesan hadir karena kepribadian seseorang, citra publik, sikap, dan perilaku. Hal ini berbeda dengan pemahaman sebelumnya yang menitik beratkan kesuksesan pada etika karakter yang meliputi keberanian, kerendahan hati, kesetiaan, keadilan, kesabaran, dan lain sebagainya.


Berikut rangkuman 7 kebiasaan yang dilakukan oleh orang produktif yang terdapat dalam buku Stephen R. Covey.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Qerja.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X