Ada Es Dawet Favorit Presiden Jokowi! Berikut Rekomendasi Cemilan yang Dapat Kamu Coba Saat Berkunjung ke Solo

- Senin, 1 Agustus 2022 | 16:20 WIB
Ilustrasi Dimsum solo
Ilustrasi Dimsum solo

HALUANRIAU.CO, SOLO - Indonesia terkenal dengan keanekaragaman makan dan minuman. Mulai dari makanan berat, ringan hingga jajanan khas daerahnya.
Jawa Tengah merupakan salah satu daerah penghasil makanan dan minuman nikmat dan lezat.

Salah satu jenis makanan yang terkenal di Jawa Tengah adalah Dimsum Umayumcha, dimana makanan tersebut asli dari Kota Solo, tak lupa pula Es Dawet yang juga dari kota yang sama.

Berbicara tentang Solo, Solo merupakan kota yang merupakan kampung halaman Presiden Jokowi sendiri dan Es Dawet sendiri merupakan minuman favoritnya.

Kamu yang bingung ingin mencoba berbagai jenis makanan saat berkunjung ke Solo, berikut rekomendasi cemilan dari akun twitter @esjerukwarmindo yang dapat kamu coba:

Baca Juga: Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-510 Bengkalis

  1. Dimsum
    Salah satu jajanan yang harus kamu coba saat berkunjung ke Solo adalah ‘Dimsum Umayumcha’ yang terletak di Jalan Utara Pasar Gede Nomor 34, Sudiroprajan. Dimsum Umayumchan menawarkan enam variasi rasa dengan harga yang murah meriah dimulai dari harga 3 ribuan.

  2. Selat
    Selat adalah salah satu makanan khas dari Solo yang disajikan dengan telor rebus dan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, buncis, selada dan tomat. Salah satu Selat Solo yang bisa dicoba ialah Selat Mbak Lilies yang menawarkan 3 jenis varian, yaitu selat bistik, selat lidah, dan selat galantin.

  3. Es Kapal
    Tidak puas rasanya apabila tidak membeli minuman yang melepas dahaga. Es Kapal salah satunya, terbuat dari campuran es parut, santan dan sirup coklat yang dibuat dari gula jawa. Penyajian es kapal ini cukup unik, dimana dilengkapi dengan selembar roti tawar dan dimakan dengan cara dicelupkan ke dalam es tersebut. Harga es kapal ini cukup bervariasi dimulai dari 5 ribuaan saja.

  4. Dawet
    Selain es kapal, Dawet adalah salah satu jenis minuman yang dapat ditemui dengan mudah di Solo. Salah satunya ialah Dawet Telasih Bu Dermi. Es Dawet telasih ini terbuat dari es dawet ketan hitam, jenang sumsum, gula cair, santan, tape ketan, biji telasih dan tambahan es batu. Es dawet telasih bu Dermi ini ialah es dawet favorit Presiden Jokowi.

Selain akun twitter @esjerukwarmindo beberapa netizen juga ikut menambah rekomendasi cemilan yang ada di Kota Solo.

“Mau nambahin boleh?? Sate kambing dan tengkleng rica Pak Manto, bakmi toprak dan es gempol indonusa, leker gajahan, serabi notosuman, sosis Solo gajahan, nasi liwet yu sani, cabuk rambak Pasar Gede, es dawet depan Batik Ria,” tulis akun @xavierbi***.

“Gass ke Solo lagi,” tulis akun @Bast***.

“Hahahahaha, siap masuk listt, tengkyu tengkyuu,” tulis akun @pputco**

(Gita/HRC-MaG)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X