Stop Kecanduan! Berikut Cara Mengatur Jadwal Screen Time Anak Sesuai Usia

- Minggu, 31 Juli 2022 | 21:34 WIB
Stop Kecanduan! Berikut Cara Mengatur Jadwal Screen Time Anak Sesuai Usia (Pixabay.com)
Stop Kecanduan! Berikut Cara Mengatur Jadwal Screen Time Anak Sesuai Usia (Pixabay.com)

 

Screen time merupakan durasi waktu yang boleh digunakan anak untuk menonton TV, menggunakan komputer, bermain HP, serta jenis gadget yang lain. Dalam durasi yang terbatas, orang tua harus bisa mengoptimalkan screen time, agar ada manfaat bagi anak setelah melakukan aktivitas menggunakan gadget. Simak cara di bawah ini, untuk mengatur jadwal anak main gadget sekaligus mengoptimalkan screen time pada anak.

Mengoptimalkan Screen Time pada Anak, Atur Jadwal Screen Time
Mengatur jadwal screen time akan membiasakan anak untuk menggunakan gadget, main HP, menonton TV, atau kegiatan yang membutuhkan screen time lainnya di waktu yang telah ditentukan. Jangan lupa untuk menentukan durasi waktu yang bisa digunakan anak.

Baca Juga:Jangan Salah Beli, Begini Tips Memilih Gadget Baru Sesuai Kebutuhan

Mengenai durasi waktu, Anda bisa ikuti aturan penggunaan gadget berdasarkan usia anak yang direkomendasikan oleh Akademi Pediatri Amerika (APA). APA merekomendasikan durasi screen time anak selama 1 jam per hari untuk anak usia  2 hingga 12 tahun. Durasi selama 1 jam ini merupakan total dari keseluruhan screen time, baik itu menonton TV hingga main HP.


Jadwal screen time ini bisa Anda terapkan, misalnya pada siang atau sore hari. Screen time sama sekali tak direkomendasikan diberikan pada malam hari, apalagi menjelang waktu tidur, karena dapat memicu anak menjadi susah tidur. Oleh sebab itu, tentukan waktu khusus di mana anak bisa melakukan screen time.

Dampingi Anak Pada Saat Melakukan Screen Time
Cara kedua untuk mengoptimalkan screen time adalah dengan mendampingi buah hati pada saat dirinya sedang melakukan screen time. Pada saat anak main HP misalnya, Anda bisa bertanya apa game yang sedang dimainkannya, apa yang membuatnya menyukai game tersebut, atau bisa juga Anda turut memainkan game di HP tersebut dengannya.

Dengan melibatkan diri dalam salah satu aktivitas anak, maka keterkaitan antara Anda dan buah hati akan makin dalam. Anak akan merasa Anda paham apa yang dia sukai, serta merasa Anda mendukung apa yang dilakukannya. Dengan cara ini pula, Anda akan bisa mengontrol segala tindakan anak pada saat screen time, sekaligus mengawasinya.


Pilihlah Jenis Aktivitas Screen Time yang Bermanfaat
Sebagai orang tua, Anda bisa memilihkan anak bentuk screen time yang bermanfaat. Misalnya, Anda bisa mengajak anak untuk menonton film yang memiliki nilai edukasi dan tentunya hiburan. Dengan menonton film bersama anak, atau beserta dengan anggota keluarga lainnya, bisa mempererat hubungan keluarga Anda.

Tak hanya berupa film saja, Anda juga bisa memilihkan aplikasi yang bermanfaat di HP atau gadget, untuk bisa diakses anak pada saat waktu screen time tiba. Jadi, tak hanya sekadar menghibur, namun waktu screen time yang dilalui oleh anak bisa menghadirkan efek positif bagi dirinya.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: qubisa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Hemat Uang Ala Anak Kost

Rabu, 21 September 2022 | 23:37 WIB

Lakukan ini, 7 Trik Jitu Menghadapi Sidang Skripsi

Rabu, 21 September 2022 | 22:53 WIB

Mendunia! 5 Makanan Khas Indonesia Salah Satunya Rawon

Selasa, 20 September 2022 | 23:08 WIB

Lakukan ini! 5 Peluang Bisnis Kecantikan untuk Wanita

Selasa, 13 September 2022 | 23:05 WIB

Jangan Khawatir, 9 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Minggu, 11 September 2022 | 07:07 WIB
X