Tubuh Butuh Yodium? Berikut 6 Makanan Sumber Yodium

- Rabu, 27 Juli 2022 | 15:41 WIB
6 Makanan Sumber Yodium (Pixabay.com)
6 Makanan Sumber Yodium (Pixabay.com)

Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat adalah yodium. Yodium berperan penting dalam memproduksi hormon tiroid. Kurang asupan makanan sumber yodium akan berakibat pada terganggunya kesehatan dan bisa terkena berbagai penyakit, seperti gangguan tiroid, gondok, gangguan metabolisme tubuh, dan sebagainya.

Kenapa Tubuh Butuh Yodium?
Tubuh membutuhkan yodium yang bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan sumber yodium untuk mengganti sel-sel yang rusak dan mengendalikan pertumbuhan. Metabolisme tubuh juga akan terjaga dengan baik apabila asupan yodium harian terpenuhi.

Untuk orang dewasa, kebutuhan yodium hariannya sekitar 150 mcg (mikrogram), sedangkan kebutuhan yodium untuk ibu menyusui sebanyak 290 mcg (mikrogram) per hari, dan untuk ibu hamil 220 mcg per hari.

Jika kebutuhan yodium dalam tubuh tidak mencukupi, maka produksi hormon tiroid bisa terganggu. Inilah yang kemudian bisa menyebabkan munculnya penyakit gondok, pembengkakan pada leher, berat badan naik drastis, dan badan lesu. Tak hanya itu saja, kekurangan yodium juga dapat menyebabkan menurunnya fungsi otak sehingga Anda jadi sulit berkonsentrasi.

Bagaimana cara memenuhi kebutuhan yodium harian? Adakah jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan yodium ini? Nah, pada artikel diadaptasi dari laman QuBisa ini, Anda bisa membaca tentang 6 makanan sumber yodium yang bisa Anda sajikan di rumah.


Dalam setiap 200 ml susu terkadang 50 – 100 mcg yodium
Susu Beserta Olahannya
Mengandung banyak kalsium dan fosfor, susu ternyata mengandung kadar yodium tinggi. Dalam setiap 200 ml susu terkadang 50 – 100 mcg yodium, yang dapat mencukupi 66% kebutuhan yodium dalam tubuh orang dewasa dalam sehari.

Berbagai produk olahan susu, seperti keju, yogurt hingga es krim juga mengandung yodium. Tak heran olahan susu ini banyak peminat karena bergizi tinggi. Apalagi kaya akan yodium, susu juga bagus dikonsumsi setiap hari karena mengandung kalsium, fosfor, dan berbagai nutrisi lain yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:Produk Makanan Sehat Asal Riau Organic Center Raih Sertifikat SNI dan HACCP

Rumput laut
Makanan sumber yodium alami ini merupakan salah satu bahan makanan yang sebenarnya mudah didapatkan di Indonesia, mengingat Indonesia kaya akan hasil laut. Bukan hanya yodium saja, rumput laut juga mengandung banyak vitamin K, mineral, zat besi serta kalsium.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: qubisa.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Tips Hemat Uang Ala Anak Kost

Rabu, 21 September 2022 | 23:37 WIB

Lakukan ini, 7 Trik Jitu Menghadapi Sidang Skripsi

Rabu, 21 September 2022 | 22:53 WIB

Mendunia! 5 Makanan Khas Indonesia Salah Satunya Rawon

Selasa, 20 September 2022 | 23:08 WIB

Lakukan ini! 5 Peluang Bisnis Kecantikan untuk Wanita

Selasa, 13 September 2022 | 23:05 WIB

Jangan Khawatir, 9 Tips agar Tidak Mabuk Perjalanan

Minggu, 11 September 2022 | 07:07 WIB
X