Tanda Anak Berpotensi Cerdas, Benarkah Salah Satunya Cepat Bicara?

- Jumat, 22 Juli 2022 | 21:20 WIB
7 Tanda Anak Berpotensi Cerdas, Benarkah Salah Satunya Cepat Bicara? (Pixabay.com)
7 Tanda Anak Berpotensi Cerdas, Benarkah Salah Satunya Cepat Bicara? (Pixabay.com)

 

Tanda-tanda anak berpotensi tumbuh cerdas dapat mulai diperlihatkan sejak dini, tepatnya sejak usia bayi. Bunda dapat mengenali lewat tahapan tumbuh kembangnya.


Jika si Kecil sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda ini, jangan lupa asah terus kemampuannya supaya semakin berkembang ya, Bunda. Stimulasi yang tepat sesuai usianya juga diperlukan.Menurut Journal of Child Psychology and Psychiatry, peran orang tua sangat penting dalam perkembangan kognitif anak.

Terutama lewat aktivitas sehari-hari.
Untuk mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki oleh anak, Bunda juga harus lebih peka dalam mencari tahu hal yang disukai olehnya. Perhatikan hobi apa yang mereka sukai untuk menemukan bakat yang terpendam.


"Kalau anaknya punya kecerdasan terkait dengan seni, senang corat-coret di usia 2 tahun, di situ lah kita bisa mengenalkan dia ke dunia seni. Kita stimulasi dengan kegiatan melukis dan menggambar. Itu bisa mendukung kecerdasan mereka di bidang seni," ujar Irma Gustiana A, M.Psi., Psikolog., CPC, Berikut tanda-tanda anak cerdas yang perlu Bunda kenali sejak awal seperti dilansir berbagai sumber:

Baca juga:8 Tips Efektif dan Optimal Mengetahui Kecerdasan Anak


1. Punya fokus yang sangat baik
Dikutip dari Kidspot, anak-anak diketahui memiliki rentang fokus yang pendek. Ini berarti mereka cenderung akan cepat bosan dan beralih ke mainan lain.


Salah satu tanda anak cerdas yakni justru punya fokus yang baik dan rentangnya lebih panjang. Sebab ini berarti anak dapat fokus pada suatu kegiatan untuk waktu yang lebih lama.


Misalnya, Bunda mungkin melihat Si Kecil fokus bermain dengan balok kayu atau terlihat tenang membaca buku tanpa mudah teralihkan oleh suasana sekitar.


2. Cepat bicara
Mencapai tonggak tumbuh kembang (milestone) lebih awal dari anak lain seusianya juga dapat menjadi salah satu tanda potensi cerdas. Termasuk cepat bicara lho, Bunda.


Sebagai contoh, rata-rata bayi akan mulai berceloteh lebih banyak di usia 18 bulan. Namun, pada anak yang berpotensi cerdas, pada rentang usia tersebut jumlah kata yang diucapkannya lebih banyak dan fasih.

 

3. Gemar memecahkan masalah
Anak yang berpotensi cerdas umumnya tidak akan mudah menyerah dan gemar berpikir untuk memecahkan masalah. Tak perlu rumit, misalnya saat Bunda menyimpan camilan favoritnya di atas lemari, ia kemudian akan mencari cara untuk meraihnya.


Misalnya dengan menumpuk buku atau memanjat kursi ke dekat lemari tersebut. Baca tanda-tanda lainnya di halaman berikutnya ya, Bunda.

 

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: mommiesdaily.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BABYMETAL Bakal Konser di Indonesia 26 Mei 2023

Rabu, 15 Maret 2023 | 17:19 WIB
X