10 Tips Mendidik Anak dengan Baik Agar Sukses dari Rumah

- Senin, 20 Juni 2022 | 22:51 WIB
10 Tips  Mendidik Anak dengan Baik Agar Sukses dari Rumah (Pixabay.com)
10 Tips Mendidik Anak dengan Baik Agar Sukses dari Rumah (Pixabay.com)


Siapa orangtua yang tidak bangga bila mendengar anak-anak mereka di kemudian hari berhasil meraih prestasi tertentu yang diakui oleh masyarakat? Kita semua tentunya menginginkan kehidupan yang bahagia.

Namun sebagai orang tua, Anda sebaiknya memutuskan prioritas penting dalam hidup, yakni berusaha mendidik anak agar ia dapat mencapai kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidupnya sendiri.

Prioritas dalam mengasuh anak bukanlah faktor yang berdiri sendiri. Bagaimana cara mendidik anak agar sukses di kehidupannya kelak? Terdapat sejumlah proses belajar yang dapat diajarkan oleh orangtua agar anak sukses. Berikut ini beberapa cara mendidik anak agar sukses.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113529944/simak-10-tips-belajar-membaca-anak-tk-yang-efektif


1. Jadilah role model yang baik dan bisa menjadi inspirasi anak
Anak dapat mengawalinya dengan memiliki tempat tinggal dan lingkungan yang baik, sekolah yang tepat, dan kesempatan anak untuk berkembang dalam populasi yang ramah.

Sebagai orangtua, tips mendidik anak yang pertama adalah Anda harus menjadi role model yang baik, bagi anak-anak Anda. Oleh karena itu, perhatikan sikap Anda dalam keseharian dan tetaplah bahagia. Jika Anda memiliki masalah emosional, maka hal ini akan berdampak pada masalah emosional anak Anda.

Orangtua yang bahagia akan memiliki anak-anak yang bahagia pula. Sehingga, anak Anda akan terpacu dalam memiliki hubungan yang baik dengan orang-orang disekitarnya.Keluarga yang bahagia juga akan merayakan banyak hal besar dan kecil bersama-sama seperti, hari pertama ke sekolah, promosi kerja, liburan, dan festival tertentu.

Perayaan ini dapat dilakukan secara sederhana, seperti pergi ke taman bersama, ataupun mengadakan surprise party. Keluarga yang bahagia akan memacu anak-anaknya menjadi lebih bahagia dan mencari cara mendidik anak dengan baik. Jangan lupa untuk biasakan makan bersama sebagai salah satu rahasia keluarga bahagia.

Hal ini akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap anak, seperti meningkatkan rasa percaya diri dan memperbanyak kosa kata anak, karena sering berinteraksi dengan anggota keluarga.

2. Jangan terlalu berlebihan dalam memuji
Cara mendidik anak yang baik adalah dengan menghindari untuk memuji hasil yang dicapai anak Anda secara berlebihan, seperti "Kamu adalah penyanyi yang sangat berbakat! " atau "Kamu sangat cerdas!".

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: hellosehat.com, Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X