Wajib Tahu, Berikut 5 Jenis Stres, Mari Kenali dan Hindari!

- Senin, 20 Juni 2022 | 01:08 WIB
5 Jenis Stres (Pixabay.com)
5 Jenis Stres (Pixabay.com)


Stres adalah reaksi tubuh yang muncul saat seseorang menghadapi ancaman, tekanan, atau suatu perubahan. Stres juga dapat terjadi karena situasi atau pikiran yang membuat seseorang merasa putus asa, gugup, marah, atau berapi-api. Stres kerap kali terjadi di perkotaan-perkotaan besar dan perindustrian.

Stres memiliki pemicu yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Terdapat beberapa faktor umum yang dapat menimbulkan stres seperti berada dibawah tekanan, rasa khawatir terhadap sesuatu, tidak memiliki kendali dari suatu situasi, atau dihadapkan dengan ketidakpastian.

Selain itu, stres buruk tidak hanya mengganggu kesehatan secara psikis, namun juga dapat berdampak pada kesehatan secara fisik seperti rambut rontok, penyakit jantung, gangguan imun, berat badan tidak normal, berkurangnya daya ingat, dan sindrom metabolik.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113008194/hindari-stres-berikut-7-tips-self-care-dalam-menjaga-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga


Seseorang yang mengalami stres buruk dapat meminimalisirkan dengan melakukan pengobatan secara medis atau pengobatan mandiri seperti terapi perilaku kognitif (CBT), minum obat sesuai anjuran dokter, berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, meditasi, melakukan hal positif dan produktif, atau memperluas pertemanan yang positif.

Namun, tahukah anda, ternyata stres memiliki jenis yang berbeda. Jenis-jenis tersebut bergantung dari situasi atau kondisi seseorang. Berikut beberapa jenis stres yang jarang diketahui banyak orang.


1. Stres Positif

Hal-hal positif juga dapat membuat stres seperti melangsungkan pernikahan atau kelulusan. Stres ini berdampak baik untuk kesehatan dan mampu meningkatkan imun. Stres ini mampu menemukan inspirasi dan mencapai target yang diinginkan.

2. Distres Internal

Stres ini karena adanya ancaman atau situasi yang tidak menyenangkan. Secara otomatis tubuh akan membentuk pertahanan diri sehingga memuncul perasaan yang tidak nyaman. Pikiran-pikiran tersebut menyebabkan tubuh mengalami distres internal.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Guesehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X