Anak Makin Pintar! Lengkapi Nutrisi Penting untuk Si Kecil Usia Prasekolah

- Senin, 20 Juni 2022 | 00:30 WIB
 Lengkapi Nutrisi Penting untuk Si Kecil Usia Prasekolah (Pixabay.com)
Lengkapi Nutrisi Penting untuk Si Kecil Usia Prasekolah (Pixabay.com)


Tidak terasa, si Kecil sudah berusia 3-5 tahun ya Mums, atau usia prasekolah. Di usia ini, anak-anak umumnya sudah semakin aktif dan banyak belajar hal baru, mulai dari kemampuan bahasa, kognitif, motorik, hingga sosial dan emosionalnya.

Nah, tugas Mums adalah memberikan dukungan. Anak yang aktif di usia ini masih membutuhkan dukungan nutrisi terbaik agar tumbuh kembangnya optimal. Apa saja ya nutrisi terbaik untuk anak prasekolah?

Baca juga: https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113284022/ketahuilah-4-gaya-parenting-dan-dampaknya-pada-anak


Kebutuhan Nutrisi Usia Prasekolah Kerap Diabaikan
Mums, mulai usia 3 sampai 5 tahun, perkembangan kognitif anak sangat pesat hingga mencapai 90%. Untuk mencapai kemampuan kognitif terbaiknya, anak membutuhkan nutrisi erbaik. Sayang sekali Mums, jika di masa ini Mums tidak memaksimalkan dukungan, karena masa emas ini tidak akan terulang kemabali

Di usia prasekolah, sebagian besar orang tua hanya memberikan makanan dewasa seperti anggota keluarga lain. Memang, anak akan sehat-sehat saja dan terlihat baik-baik saja. Tapi, orang tua harus memahami bahwa nutrisi terbaik mutlak diperlukan hingga tahapan usia selanjutnya, tidak hanya sampai usia 2 tahun. Terlebih di usia prasekolah, di mana anak semakin aktif untuk mulai belajar, bermain, dan bereksplorasi.


Nutrisi Terbaik untuk Anak Usia Prasekolah
Dr. Dian menambahkan, makanan bernutrisi seperti sayuran, buah, dan susu harus ada dalam menu makanan anak setiap hari, selain karbohidrat, protein, dan lemak. Jika salah satu diabikan, akibatnya, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh anak tidak cukup untuk mendukung tumbuh kembang maksimalnya.

Dokter Spesialis Anak, dr. MN Ardi Santoso, M.Kes, Sp.A juga menjelaskan, penting untuk memberikan asupan nutrisi untuk perkembangan kognitif anak, sebab pada usia 3 tahun, 80% perkembangan kognitif anak berkembang pesat terutama dalam lonjakan kosakata, selanjutnya, menginjak usia 5 tahun perkembangan kognitif semakin pesat bahkan mencapai 90%.

“Kebutuhan nutrisi penting untuk perkembangan maksimal kognitif seperti Omega-3 (DHA) masih sangat dibutuhkan. Namun, penelitian menunjukkan bahwa 8 dari 10 anak berusia 4-12 tahun di Indonesia, masih kekurangan asupan Omega-3 (DHA). Padahal dengan kemampuan kognitif yang optimal dapat membantu anak usia prasekolah untuk mulai belajar hal baru,” lanjut dr. Ardi.

 Omega 3 (DHA), Omega 6, dan zat besi, dibutuhkan agar anak dapat mulai belajar dengan lebih baik. Bukan hanya itu, setidaknya ada beberapa nutrisi lainnya yang harus dipenuhi oleh anak-anak setiap harinya, mulai dari protein, lemak sehat, kalsium, vitamin C dan D yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang, dan gigi serta mengatur fungsi syaraf dan jaringan otot.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Klikdokter.com, alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X