Liburan Hemat! 5 Tips Jitu Liburan Hemat dengan Low-Budget

- Jumat, 17 Juni 2022 | 22:54 WIB
Liburan Hemat (Pixabay.com)
Liburan Hemat (Pixabay.com)

Rasanya kurang afdol kalau setelah bekerja ataupun sekolah dan kuliah tanpa ditutup dengan liburan. Selain melepas penat setelah lelah bekerja atau bersekolah dan kuliah, liburnan juga bisa menambah pengalaman baru, berkenalan dengan orang banyak dan menurunkan risiko depresi.

Namun, sayangnya banyak orang yang enggan libur ke tempat wisata idaman karena takut dompet jebol. Memang untuk pergi berlibur, banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti budget, akomodasi, transportasi, dan biaya tiket pesawat. Nah, Bela kini tak perlu khawatir untuk bisa menikmati liburan ke tempat idaman tanpa khawatir dompet menipis.

Berikut 5 tips jitu liburan hemat dengan low-budget!
Rasanya kurang afdol kalau setelah bekerja ataupun sekolah dan kuliah tanpa ditutup dengan liburan. Selain melepas penat setelah lelah bekerja atau bersekolah dan kuliah, liburnan juga bisa menambah pengalaman baru, berkenalan dengan orang banyak dan menurunkan risiko depresi.

Namun, sayangnya banyak orang yang enggan libur ke tempat wisata idaman karena takut dompet jebol. Memang untuk pergi berlibur, banyak hal yang harus dipertimbangkan, seperti budget, akomodasi, transportasi, dan biaya tiket pesawat. Nah, Bela kini tak perlu khawatir untuk bisa menikmati liburan ke tempat idaman tanpa khawatir dompet menipis. Berikut 5 tips jitu liburan hemat dengan low-budget!

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113357203/menarik-habiskan-momen-lebaran-5-rekomendasi-tempat-wisata-keluarga

1. Menyusun Budgeting
Sebelum pergi liburan ke tempat idaman, sebaiknya melakukan pencatatan budgeting dan membuat list apa saja yang dibutuhkan ketika liburan nanti. Misalnya saja menghitung biaya akomodasi, biaya transportasi, bahkan biaya oleh-oleh. Hal ini agar kalian dapat mengontrol pengeluaran kalian dengan budget yang kalian miliki.

Saat menghitung pengeluaran untuk liburan, alangkah baiknya melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya riset mengenai harga tiket tempat wisata, transportasi, dan harga oleh-oleh agar kalian bisa menentukan berapa besar budget kalian yang akan dikeluarkan.

2. Membeli oleh-oleh secukupnya
Meski terlihat sepele, ternyata membeli oleh-oleh bisa memakan banyak biaya, Bela! Oleh karena itu, bijaklah dalam membeli oleh-oleh agar dompet tidak jebol.

Sebelum menentukan beli oleh-oleh, Bela bisa melakukan riset dahulu mengenai pusat oleh-oleh termurah di destinasi wisata tujuan. Kalian juga bisa menghemat anggaran oleh-oleh dengan membeli snack dengan porsi banyak untuk dimakan bersama keluarga atau teman di rumah.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X