Manfaat Sedekah yang Bisa Kita Rasakan Secara Langsung dalam kehidupan

- Kamis, 2 Juni 2022 | 22:12 WIB
Manfaat Sedekah (Pixabay.com)
Manfaat Sedekah (Pixabay.com)

Manfaat Sedekah yang Bisa Kita Rasakan Secara Langsung dalam kehidupan. Niat sedekah terjadi karena hati dan pikiran yang tulus membantu ke sesama manusia tanpa pamrih dan tidak berharap mendapat imbalan apapun. Hal ini bertujuan karena salah satu tujuan sedekah ialah meringankan beban orang lain.


Sebagai umat beragama pasti mengetahui salah satu manfaat sedekah ialah akan mendapat pahala dan bisa menghapus dosa. Namun, dalam kehidupan sehari-hari rupanya manfaat sedekah juga bisa dirasakan secara langsung, baik untuk orang yang bersedekah maupun orang yang menerima sedekah. Berikut tiga manfaat sedekah yang bisa dirasakan secara langsung.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-111603755/senyum-merupakan-sedekah-tanpa-modal-yang-berikan-manfaat-kesehatan-pada-tubuh


1. Membantu meringankan beban orang lain
Salah satu manfaat sedekah yang bisa dirasakan secara langsung yaitu meringankan beban orang lain seperti kebutuhan mereka tercukupi, kesehatan mereka terjamin, dan hal baik lainnya yang bisa dirasakan orang tersebut.


Orang lain akan merasa terbantu dengan sedekah yang kita berikan. Tidak hanya itu, hati kita juga akan merasa damai melihat mereka senang.


2. Menyalurkan harta untuk kegiatan yang bermanfaat
Apabila kamu memiliki harta yang berlimpah, alangkah baiknya menyedekahkan sebagian hartamu pada kegiatan yang bermanfaat dan menjadikan hidupmu lebih positif.


Contoh menyalurkan harta untuk kegiatan yang bermanfaat misalnya memberi sumbangan untuk pembangunan tempat ibadah, menjadi donatur panti asuhan, pengajian rutin, membantu korban bencana alam, menolong saudara yang kesulitan ekonomi, dan lain sebagainya.


3. Memiliki kepedulian sosial yang tinggi
Dengan bersedekah mampu meningkatkan kepedulian sosial yang kita miliki. Kita mampu merasakan kesulitan orang lain dan hati menjadi tergerak untuk membantunya.
Contoh orang yang memiliki kepedulian sosial seperti menjadi relawan pengajar anak jalanan, relawan korban bencana alam, menghadiri doa bersama, dan lain sebagainya.


Selain itu, sedekah juga dapat membuat seseorang gemar berbagi kebaikan pada orang lain yang manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh orang tersebut.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: orami.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X