Investasi Diri Sendiri, 8 Jenis Pilihan Investasi yang Tepat Buatmu!

- Kamis, 2 Juni 2022 | 14:47 WIB
8 Jenis Pilihan Investasi yang Tepat Buatmu! (pixabay.com)
8 Jenis Pilihan Investasi yang Tepat Buatmu! (pixabay.com)

 

Ketika mendengar kata investasi, yang terlintas di benak kita pastilah investasi dalam bentuk uang atau aset. Padahal, investasi tidak melulu dalam bentuk seperti itu. Ada investasi diri sendiri yang perlu generasi milenial kumpulkan dari sekarang.
Apa saja, sih?

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113361330/9-cara-menghindari-terbelit-hutang-cegah-keuangan-krisis

1. Ilmu pengetahuan
Ilmu pengetahuan akan menjadi bekal untukmu menjelajahi dunia. Wajar saja kalau orang tua sering kali menyuruhmu untuk belajar dan banyak membaca agar pengetahuanmu terhadap suatu hal bertambah. Tidak hanya sekedar pelajaran di sekolah saja, tapi juga tentang pengetahuan umum.
Apalagi sekarang semakin banyak wadah yang bisa dimanfaatkan untuk menambah ilmu. Selain buku, kamu bisa memperoleh informasi dari televisi, internet, bahkan media sosial.

2. Kesehatan
Penyakit dapat menghambat produktivitas harianmu, Sisters. Untuk itu, penting agar kamu selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan rajin olahraga.
Jika perlu, rajinlah konsultasi tentang kesehatanmu ke dokter. Kalau ada tanda-tanda penyakit muncul, kamu dapat segera obati sebelum penyakit tersebut bertambah parah.


3. Pikiran positif
Kedengarannya sepele, tapi tanpa pikiran positif, hidupmu akan diselimuti oleh rasa takut, keluhan, kegagalan, dan hilangnya semangat untuk melakukan sesuatu. Akibatnya, hidupmu menjadi stuck di titik yang sama karena kamu kehilangan rasa percaya diri.
Pikiran positif membuatmu dapat berbuat hal-hal baik kepada orang di sekitar, sehingga mereka juga ikut merasakan buah dari pemikiran positif tersebut.

4. Lingkungan baik
Sebisa mungkin, tempatkan dirimu di lingkungan yang baik, yang dapat membentukmu menjadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari. Di lingkungan yang baik jugalah kamu akan belajar bagaimana cara memaksimalkan kebahagiaan, sehingga kesedihan jauh dari hidupmu.
Sebelum bergabung di suatu lingkungan, pelajari dulu bagaimana budaya dan orang-orang di dalamnya. Kalau memang cocok, barulah kamu boleh masuk ke dalamnya.

Baca juga: https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113390365/gaji-pas-pasan-jangan-khawatir-simak-tips-efektif-agar-bisa-tetap-menabung-dan-bijak-mengatur-keuangan

5. Soft skills
Selain hard skills, penting juga untuk mengasah soft skills. Seperti kemampuan public speaking, analisis masalah, integritas, dan lain-lain sebagai modal untuk menapaki karier yang lebih hebat.
Soft skills dapat diasah dengan berbagai cara, seperti mengikuti pelatihan, bimbingan, les, atau komunitas tertentu yang sejalan dengan skill-mu. Setidaknya disini kamu akan dipertemukan dengan orang-orang hebat yang senantiasa mendorongmu untuk menggali soft skill menjadi lebih baik lagi.

6. Pengalaman
Dari pengalaman, kamu akan belajar banyak hal yang tidak dipelajari di sekolah. Tidak hanya bagaimana cara mengubah yang salah menjadi benar, tapi pengalaman juga membentukmu menjadi pribadi lebih dewasa.
Makanya jangan pernah capek untuk mencoba hal-hal baru karena dari sanalah pengalaman kerap kali muncul.

7. Relasi
Relasi bukan hanya menjaga hubungan dengan orang-orang yang sudah dikenal, tapi juga yang tidak dikenal. Misalnya orang-orang yang ditemui di jalan, di kafe, restoran, atau bank. Sebab, keberuntungan dan peluang itu justru lebih sering datang dari orang yang tidak kamu kenal.


Nah, semakin banyak investasi yang dimiliki, semakin baik pula kehidupanmu di hari esok. Makanya jangan henti-hentinya mengumpulkan investasi demi kebaikanmu, ya!

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/bisnis/pr-113322353/siap-siap-menkeu-mulai-pungut-pajak-kripto-1-mei-2022-berikut-rinciannya

 

 

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Detik Finance

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X