Perlu Tahu, 5 Plus Minus dari Bedak Padat dan Bedak Tabur. Mana Sih yang Lebih Cocok Untukmu?

- Jumat, 13 Mei 2022 | 22:01 WIB
5 Plus Minus dari Bedak Padat dan Bedak Tabur.  (Pixabay.com)
5 Plus Minus dari Bedak Padat dan Bedak Tabur. (Pixabay.com)


Bedak tabur apa bedak padat ya? Mungkin kamu yang baru belajar dandan atau nggak pernah dandan tapi pengen mencoba seringkali bertanya-tanya tentang jenis makeup seperti di atas.

Beberapa mungkin sering keliru menganggap bedak padat hanyalah bedak tabur yang dipadatkan. Benarkah demikian? Nah, ini nih, meskipun sama-sama namanya bedak, mereka punya banyak perbedaan lho! Nggak cuma beda bentuknya, tapi juga beda fungsi terutama terkait dengan jenis kulit kalian. Mau tahu? Langsung cek aja di bawah ini!


Bedak tabur bentuknya bubuk dan kurang travel-friendly, sedangkan bedak padat praktis untuk kamu bawa kemana-mana, Bedak tabur memiliki konsistensi seperti bedak bayi, yaitu bubuk. Karena bentuknya yang bubuk, bedak tabur biasanya dikemas dalam wadah yang cukup besar sehingga mungkin kamu malas bawa kemana-mana.

Lagipula, bubuk tabur juga cukup ribet ketika dipakai karena kalau tidak hati-hati bisa tumpah kemana-mana, dan kalau sudah kena baju, duh malas banget membersihkannya! Oleh karena itu, beda tabur lebih baik dipakai di rumah saja ketika mau keluar.


Beda dengan bedak tabur, bedak padat pastinya jauh lebih praktis dimana-mana karena bentuknya yang biasanya kecil dan, well, padat. Bedak padat biasanya dikemas beserta kaca dan sponge kecil yang memang disertakan agar dandan menjadi lebih mudah ketika on the go.
Bedak tabur lebih cocok untuk yang kulitnya berminyak, sedangkan bedak padat untuk yang kulitnya kering.


Keuntungan yang bisa kamu dapat dari memakai bedak tabur adalah kemampuan bedak tabur untuk menyerap minyak pada wajah. Oleh karena itu bedak tabur cocok untuk kamu yang punya wajah berminyak.

Memang sih, banyak juga bedak padat yang sudah diberi teknologi anti berminyak. Tapi, pada umumnya bedak padat bercampur dengan minyak alami pada wajah agar bisa ngeblend. Makanya bedak padat akan lebih cocok dipakai untuk mereka yang berkulit normal dan kering.

Selain menyerap minyak, bedak tabur juga bisa dipakai berulang-ulang alias ditumpuk. Karena memang coveragenya yang minim, bedak tabur cenderung ringan di wajah sehingga nggak masalah kalau kamu mau reapply makeup seharian.


Masalah menumpuk-numpuk bedak, kamu perlu hati-hati dengan yang namanya bedak padat. Bedak padat sendiri cenderung berat di kulit, tapi kamu selalu bisa mengandalkannya untuk memberi coverage maksimal. Memakai bedak padat memang lebih bisa menyamarkan garis-garis halus dan noda-noda pada wajah. Tapi ketika kamu menumpuknya, bedak padat cenderung menjadi cakey atau terlihat berkerak.


Bedak tabur bisa digunakan setelah foundie agar makeup tahan lama, sedangkan bedak padat biasanya sudah merangkap foundie

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: popbela.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X