Gaji Pas-Pasan? Jangan Khawatir Simak Tips Efektif Agar Bisa Tetap Menabung dan Bijak Mengatur Keuangan

- Jumat, 13 Mei 2022 | 21:53 WIB
Tips Efektif Agar Bisa Tetap Menabung (Pixabay.com)
Tips Efektif Agar Bisa Tetap Menabung (Pixabay.com)


Bijak dalam mengatur keuangan itu wajib dilakukan seiring bertambahnya usia, jangan sampai deh menyesal di hari tua! Kalau kamu masih bingung bagaimana cara menabung dengan kondisi pendapatan yang pas-pasan, kamu bisa memulainya dengan mantapkan niat dan lakukan hal sederhana di bawah ini.

Yuk, buktikan kalau gaji pas-pasan bukanlah penghalang untuk menabung! Simak Tips Efektif Menabung


1. Pisahkan tabungan dan uang harian
Langkah pertama dalam belajar menabung adalah memisahkan uang untuk ditabung dengan uang untuk digunakan sehari-hari.

Ada baiknya kamu memiliki dua rekening terpisah agar tidak membuatmu bingung dan tabungan tetap aman. Supaya menabung nggak sebatas wacana, kamu bisa menerapkan sistem penyimpanan uang otomatis.


Mudah banget, cukup pasang sistem transfer berkala pada rekening penerimaan gaji yang secara otomatis akan mengirimkan uang ke rekening tempatmu menabung. Kamu juga bisa mengatur jadwal transfernya, lho! Nggak ada lagi kata lupa untuk menyisihkan uang setelah gajian!


2. Catat pemasukan dan pengeluaran harian
Siapa bilang mencatat pemasukan dan pengeluaran harian itu ribet? Sekarang sudah banyak kok, aplikasi di smartphone yang bisa membantumu mengelola uang seperti Money Manager, Money Lover, dan Monefy.

Fitur dari aplikasi tersebut juga lengkap dan sangat mudah digunakan. Kamu bisa dengan mudah mencatat dan tahu ke mana saja uangmu ‘lari’, baik untuk belanja pakaian, membeli makanan dan minuman, jalan-jalan, dan pengeluaran lainnya. Selalu ada pembelajaran yang bisa kamu ambil setiap bulan dari mencatat uang yang masuk dan keluar dari dompetmu.


Kamu juga bisa mencatat arus keluar-masuknya uang menggunakan Excel. Meskipun terdengar sedikit konvensional, cara ini dapat melatih skill menghitungmu dengan cepat, lho!

3. Kendalikan nafsu jajan 
Habis gajian, jalan-jalan ke mal, kemudian merasa dipanggil oleh aneka promosi cashback yang bertebaran? Tetap fokus, jangan mudah tergoda, guys! Ingat, nikmatnya hanya sesaat dan membuat sebagian uangmu pergi cepat di awal bulan! Nah, mengontrol diri dari godaan jajanan ini nggak hanya berlaku setelah gajian, tapi setiap hari.


Oleh sebab itu, mulai batasi jajan makanan atau minuman per minggu, yuk! Supaya hemat, kamu bisa membatasi kuota untuk jajan, misalnya hanya boleh beli minuman boba dan kopi masing-masing satu kali dalam dua minggu.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Haibunda.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X