Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 24 minggu atau 6 bulan?

- Senin, 9 Mei 2022 | 23:23 WIB
Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 24 minggu atau 6 bulan? (Pixabay.com)
Apa yang harus diketahui pada perkembangan bayi 24 minggu atau 6 bulan? (Pixabay.com)

 

Bayi usia 6 bulan dianggap sudah siap untuk diperkenalkan dengan makanan padat sebagai makanan pendamping ASI (MPASI). Pada usia ini, sistem pencernaan bayi umumnya sudah bisa mengolah dan mencerna makanan padat.

Bayi usia 6 bulan biasanya sudah mulai memasukkan segala sesuatu ke dalam mulutnya dan senang duduk bermain di lantai serta melihat keadaan di sekelilingnya.


Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui di usia perkembangan bayi 24 minggu atau 6 bulan, yaitu:

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113367189/ketahui-6-cara-jitu-melatih-bayi-cepat-duduk-tengkurap-merangkak-dan-berjalan


1. Bayi takut disuntik saat imunisasi
Tanyakan kepada dokter atau perawat apakah lebih baik membiarkan bayi digendong daripada membaringkannya di atas meja saat disuntik selama imunisasi.


Orangtua seharusnya tetap tenang dan alihkan perhatian bayi dengan berbicara menggunakan bahasa yang lembut selama imunisasi.


Anda bisa memberikan susu botol, dot, atau ASI segera untuk menenangkan bayi yang menangis.
Namun, beberapa imunisasi tidak hanya diberikan sekali guna memastikannya benar-benar efektif dalam melawan penyakit. Ini tergantung jadwal dari masing-masing vaksin.


Anak yang tidak diberi vaksin lebih berisiko terkena penyakit daripada anak yang hanya sekali disuntik. Reaksi parah yang muncul saat vaksinasi tergolong amat langka.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X