Ketahui, 6 Cara Jitu Melatih Bayi Cepat Duduk, Tengkurap, Merangkak dan Berjalan

- Senin, 9 Mei 2022 | 23:14 WIB
 6 Cara Jitu Melatih Bayi Cepat Duduk, Tengkurap, Merangkak dan Berjalan (Pixabay.com)
6 Cara Jitu Melatih Bayi Cepat Duduk, Tengkurap, Merangkak dan Berjalan (Pixabay.com)

Setip anak berbeda-beda masa perkembagannya, tapi alagkah baiknya kita sebagai orangtua perlu stimulasi secara berkala agar si kecil mampu meingkatkan perkembagan kemampuanya.

Pada usia emas bayi antara 1 - 9 bulan, Ibu dapat melihat perkembangan si kecil yang menakjubkan dari hari ke hari. Mulai dari mengangkat kepala, tengkurap, kemudian merangkak, hingga duduk dan berjalan.


Semua perkembangan motorik ini akan dikuasai seiring dengan bertambahnya usia bayi. Namun, peran orang tua juga berpengaruh pada keberhasilan bayi melalui fase-fase emas perkembangan motoriknya.


Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/kesehatan/pr-112888565/jangan-panik-berikut-tips-mengompres-bayi-saat-demam-tinggi


Berdasarkan usia si kecil, kemampuan motorik secara umum yang dapat dikuasai antara lain:
Kemampuan Motorik Berdasarkan Usia Bayi


Apabila bayi belum menguasai kemampuan motorik dasar tersebut, tidak perlu cemas ya, Bu. Setiap anak memiliki kemampuan yang unik. Dalam waktu dekat, si kecil akan segera menguasai motorik dasar seiring pertumbuhannya.


Stimulasi agar Bayi Cepat Duduk dan Merangkak yang Bisa Dilakukan Ibu
Ibu, kendati bayi secara bertahap akan melalui fase demi fase perkembangan motorik, orang tua yang ikut mendampingi pasti akan menambah rasa percaya diri dan kasih sayang dalam diri si kecil. Ada beberapa stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak.


Apa saja yang bisa Ibu lakukan untuk menstimulasi kemampuan motorik dasar pada bayi? Coba lakukan stimulasi agar bayi cepat duduk dan merangkak berikut ini.


Cara agar bayi cepat merangkak dan duduk dengan melatih bayi tengkurap
Pada usia 6 minggu hingga 1 bulan, Ibu harus menahan bagian kepala dan leher ketika menggendong.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: popmama.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X