Lakukan ini! 7 Cara Efektif Anak Agar Cepat Berbicara

- Senin, 9 Mei 2022 | 23:03 WIB
7 Cara Efektif Anak Agar Cepat Berbicara (Pixabay.com)
7 Cara Efektif Anak Agar Cepat Berbicara (Pixabay.com)

Cara Efektif Anak agar cepat bicara banyak hal bisa dilakukan, namun perlu diketahui setiap anak tentu memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Ada anak yang mulai berjalan terlebih dahulu, ada pula yang berbicara terlebih dahulu. Keduanya tergantung dengan usia tumbuh kembang si anak itu sendiri.

Umumnya, seorang anak akan mulai berbicara ketika usianya menginjak 5 bulan. Meskipun hanya satu atau dua patah kata seperti, "ma-ma" atau "pa-pa" dan pelafalan yang masih belum jelas.


Saat si Kecil memasuki usia 10-12, ia mulai mengingat lebih banyak kosakata dan mulai mengucapkan kalimat yang panjang. Barulah saat usianya menginjak 1-3 tahun, si Kecil akan lebih fasih dalam berbicara dengan Mama Papa dan orang sekitarnya.


Meskipun perkembangan berbicara anak senang sama, jika masih kecil, tetapi belum bisa mengucapkan satu kata pun hingga usianya 2 tahun, seperti ini perlu Mama waspadai.


Nah, untuk mengembangkan si Kecil yang belum bisa berbicara, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 cara efektif  meningkatkan anak agar cepat berbicara secara efektif. Disimak yuk lalu Lakuka!

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113284022/ketahuilah-4-gaya-parenting-dan-dampaknya-pada-anak


1. Ajak anak bernyanyi
Cara mudah dan menyenangkan yang pertama ditemukan melalui bernyanyi. Mama bisa membuat suara yang dipasangkan dengan gerakan. Hal ini karena balita pada umumnya mudah meniru ucapan saat dipasangan dengan gerakan.


2. Sering-sering ajak anak berbicara
Tak perlu menunggu usianya cukup untuk diajak bicara, sudah bisa mengajak anak berbicara saat baru lahir kok! Misalnya saja dengan mengatakan, "ini Mama" atau "ini Papa".


Meskipun anak tak bisa menjawab apa yang Mama dan Papa bicaraknya, tetapi sel-sel pada saraf otaknya telah menangkap sinyal dengan baik dan menyimpannya dalam memori.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Sehatq.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X