9 Cara Menghindari Terbelit Hutang Cegah Keuangan Krisis

- Senin, 9 Mei 2022 | 13:43 WIB
 9 Cara Menghindari Terbelit Hutang Cegah Keuangan Krisis (Pixabay.com)
9 Cara Menghindari Terbelit Hutang Cegah Keuangan Krisis (Pixabay.com)

 

Terbelit hutang bikin beban hidup jadi tambah berat. Apalagi, kalau kamu gak hati-hati, bisa-bisa kamu terjerat ke masalah yang lebih besar, lho.

Serem banget kan? Eits, gausah panik dulu! Asalkan kamu tahu apa aja hal-hal yang gak boleh kamu lakukan saat terbelit hutang, semuanya pasti bakal aman terkendali, kok.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113326893/lakukan-ini-tips-berhemat-dalam-rumah-tangga-salah-satunya-hindari-hutang


1. Tetap Mengandalkan Pembayaran via Kredit
Terus menggunakan kartu kredit disaat kamu terbelit berhutang adalah tindakan yang salah besar, apalagi kalau kamu memakainya untuk pembayaran yang bukan prioritas. Jadi, lebih baik singkirkan kartu kreditmu dari sekarang juga!


2. Memakai Kartu Kredit yang Baru
Membuat kartu kredit baru justru bisa menambah jumlah hutangmu yang sekarang, lho. Makanya, simpan saja semua aplikasi kartu kredit yang baru sampai semua hutangmu benar-benar sudah lunas.


3. Mengabaikan Semua Tagihan yang Kamu Punya
Melihat tagihan yang menumpuk memang bisa bikin stress, tapi bukan berarti kamu bisa mengabaikan itu semua kan? Kamu bisa merapihkannya satu per satu sesuai dengan urgensinya agar kamu tahu mana yang harus dilunasi terlebih dahulu.


4. Melunasi Hutang Secara Tidak Merata
Cara melunasi hutang yang baik adalah saat kamu bisa membagi semua uangmu dengan adil. Daripada hanya melunasi satu hutang saja, lebih baik ambil cicilan untuk setiap hutang yang kamu punya.


5. Melampiaskan Stress Dengan Menghamburkan Uang
Stress akibat hutang bisa membuatmu sulit menggunakan uang dengan bijak. Tapi, kamu harus ingat! Di situasi seperti ini, kamu harus bisa mengendalikan egomu dan berpikir dengan jernih agar keuanganmu cepat stabil.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/bisnis/pr-113077847/dilanda-kekurangan-uang-tuk-operasional-dan-bayar-hutang-thai-arways-jual-kursi-pesawat

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X