10 Tips Hemat Bahan Bakar Kendaraan agar Beban Keuangan Aman dan Tidak Semakin Berat

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 22:09 WIB
10 Tips Hemat Bahan Bakar Kendaraan  (Pixabay.com)
10 Tips Hemat Bahan Bakar Kendaraan (Pixabay.com)


Harga BBM kian melambung dan tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi.

Berbagai upaya penghematan dilakukan agar tidak membuat keuangan berantakan. Untuk memperkecil pengeluaran pada pos anggaran mobilitas, tentu diperlukan usaha untuk mengurangi pemakaian bahan bakar . Berikut ini 10 tips sederhana dalam menghemat Bahan Bakar.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/daerah/pr-113351378/dibuka-plt-bupati-suhardiman-amby-atraksi-budaya-perahu-bagandung-berlangsung-besok-siang

1. Rawat mesin kendaraan
Kendaraan yang mesinnya tidak terawat akan menyebabkan berbagai kerusakan atau bekerja tidak optimal. Hal ini akan membuat mobil bekerja lebih keras agar kendaraan dapat terus digunakan. Kondisi yang tidak ideal ini akan memengaruhi efisiensi bahan bakar.


2. Gunakan AC mobil seperlunya
Penggunaan AC pada mobil berpengaruh pada jumlah penggunaan bahan bakar mobil. Karena itu nyalakan AC sesuai keperluan saja.


Namun perlu diingat, saat harus berkendara dengan kecepatan tinggi seperti di jalan tol, tidak disarankan membuka jendela untuk menggantikan penggunaan AC karena kinerja mobil dapat menjadi lebih berat oleh adanya tabrakan udara saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Saat mesin mobil bekerja ekstra maka dibutuhkan bahan bakar yang lebih banyak juga.


3. Periksa kondisi ban
Kalau tekanan ban kendaraan tidak sesuai, tentu mesin kendaraan harus bekerja lebih berat . Hal ini akan membuat penggunaan bahan bakar meningkat. Karena itu penting untuk memastikan kondisi ban dalam keadaan ideal agar pemakaian bahan bakar lebih hemat.


4 Matikan mesin mobil saat berhenti
Kadang-kadang karena ada sesuatu hal, harus menunggu. Saat menunggu ini jangan membiarkan mesin mobil terus menyala, apalagi untuk waktu yang lama. Walaupun tidak bergerak, mesin mobil yang menyala juga menguras bahan bakar.


5. Hindari jam sibuk
Jam-jam sibuk rawan dengan kemacetan di jalan. Kondisi macet membuat kendaraan harus sering berhenti atau mengurangi kecepatan dan berjalan dalam jarak pendek-pendek untuk kemudian mengubah kecepatan lagi saat memungkinkan.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X