Lakukan ini, Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga, Salah Satunya Hindari Hutang

- Sabtu, 30 April 2022 | 10:13 WIB
 Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga (Pixabay.com)
Tips Berhemat Dalam Rumah Tangga (Pixabay.com)


Uang bukan segalanya, namun segalanya membutuhkan uang. Banyak orang yang berumah tangga tanpa memikirkan kesiapan secara finansial, akhirnya di tengah pernikahannya sering bertengkar dengan alasan keuangan.


Tidak hanya pengantin baru, setiap pasangan rumah tangga akan merasa kocar-kacir ketika tidak memiliki uang. Hal tersebut akan memicu pertengkaran dan membuat rumah tangga terasa panas dan berantakan.


Maka dari itu, kita harus pandai berhemat agar keuangan tidak sekarat dan menjaga rumah tangga tetap harmonis. Bagaimana caranya?

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113008194/hindari-stres-berikut-7-tips-self-care-dalam-menjaga-kesehatan-mental-ibu-rumah-tangga


1. Hindari hutang
Hutang sebenarnya bukanlah penyelesaian dari kesulitan masalah finansial. Justru hutang bisa menimbulkan masalah baru di lain waktu.


Misalnya saja bulan ini kita ngutang kepada teman dan keuangan aman sampai akhir bulan. Pendapatan kita bulan berikutnya harus dipotong untuk membayar utang, dan membuat kita kekurangan kembali di akhir bulan nanti. Masalah tidak akan selesai, justru tidak dipungkiri bisa bertambah.


Hal di atas masih mending kalau ngutang kepada teman atau kerabat dekat. Bagaimana kalau ngutang kepada bank, koperasi, atau bahkan pinjol. Uang yang kita dapatkan harus dipotong sana dan sini sehingga kita menerimanya tidak secara utuh.

Belum lagi bunga yang mencekik dan membuat angsuran terasa banyak dan lama, bahkan jika dihitung kita bisa mengeluarkan biaya dua kali lipat dari harga ketika mengangsur. Kalau ngutang di pinjol, siap-siap saja data tersebar di mana-mana dan debt colector mencari-cari setiap hari.


2. Pangkas keuangan yang tidak perlu
Kamu harus mulai menyeleksi pengeluaran yang tidak terlalu kamu butuhkan. Misalnya saja menambah koleksi baju, perabot, atau yang lainnya.


Kamu harus bijak untuk memprioritaskan kebutuhan ketimbang keinginan. Karena kalau menuruti keinginan tentu tidak akan pernah ada rasa cukup.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: cermati.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X