Cek dan Ricek Kendaraanmu, Tips Mudik dengan Sepeda Motor, Pastikan Aman!

- Kamis, 28 April 2022 | 23:01 WIB
Tips Mudik dengan Sepeda Motor (Pixabay.com)
Tips Mudik dengan Sepeda Motor (Pixabay.com)


Agenda mudik saat momen lebaran sangat sayang untuk dilewatkan, mudik seakan sudah  menjadi tradisi yang tak bisa dihilangkan ketika lebaran tiba. Meskipun dua tahun belakangan ini, pemerintah melarang mudik guna menghindari penyebaran pandemi covid-19 meningkat, tetapi mulai tahun 2022 pemerintah kembali memperbolehkan melakukan mudik.

Melansir dari detiknews.com, ketentuan mudik untuk kendaraan pribadi berlaku efektif sejak 5 April 2022 yang tertuang dalam Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 38 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat di Masa Pandemi Covid-19. Di samping itu, juga ada syarat yang harus dipenuhi jika mudik melakukan kendaraan pribadi.

Terkait dengan mudik, penting bagi kita untuk tetap berhati-hati dan mempersiapkan segala perlengkapan mudik, serta tidak menyepelekannya seperti berkendara biasa. Mengingat saat musim mudik terjadi, kadang banyak kendala di jalan dan juga bisa terjebak macet, jelas hal itu hal lumrah dalam khazanah permudikan.

Untuk itu, ada  beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya kendaraan roda dua.

Berikut tips mudik dengan sepeda motor:

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/riau/pr-113274238/truk-dilarang-melintas-selama-arus-lebaran-kasatlantas-setempat-bakal-ditindak-jika-tak-lakukan-pengawasan

1. Memastikan semua fungsi kendaraan dalam keadaan normal
Sebelum menggunakan kendaraan untuk melakukan mudik, sebaiknya kita mengecek komponen kendaraan dan memastikan semuanya berfungsi secara normal. Seperti memastikan kestabilan fungsi rem, lampu, ban, dan komponen yang lain. Hal itu penting guna meminimalisir terjadinya kerusakan saat sedang dalam perjalanan.

Tentu sangat tidak diinginkan jika pada saat berkendara, lalu tiba-tiba ada komponen kendaraan yang rusak, apalagi kalau terjadi di jalan yang jauh dari keramaian, jelas itu merepotkan. Jadi, mending sediakan memang payung sebelum hujan, begitulah analoginya kira-kira.

2. Konsentrasi berkendara
Hal utama yang perlu dijaga oleh pengendara adalah konsentrasi. Berkendara dengan sepeda motor membutuhkan konsentrasi tinggi, sehingga penting untuk menghindari percakapan berlebihan dan canda gurau karena dapat mengganggu konsentrasi dan juga keseimbangan.

Saat berboncengan, alangkah baiknya agar sebisa mungkin menjaga keseimbangan, bisa dilakukan dengan memegang jaket pengendara dan hindari memegang ke belakang behel motor.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X