Lebaran Nyaman, Bumi Aman! Lakukan 5 Hal ini di Nanti Agar Bumi Juga Kembali suci

- Kamis, 28 April 2022 | 20:57 WIB
Momen Liburan (Pixabay.com)
Momen Liburan (Pixabay.com)

Berpuasa selama satu bulan dan menjalankan berbagai amalan Ramadan menjadi upaya pembersihan dan penyucian diri seorang Muslim.

Sebagaimana diketahui, di penghujung Ramadan ada hari raya Idul Fitri yang menanti untuk energi spiritual baru, dan diri yang kembali suci.


Selain bisa berupaya membersihkan dan menyucikan diri melalui berbagai amalan baik, di bulan Ramadan kali ini, di mana Hari Bumi Sedunia akan diperingati, kita juga bisa bikin bumi suci kembali dengan melakukan 5 hal sederhana ini hingga hari raya nanti. Apa saja? Yuk, simak.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/daerah/pr-113317978/idul-fitri-1443-h-di-depan-mata-berikut-tips-mudik-dan-nyaman-dari-pln-up3-rengat


1. Mudik menggunakan transportasi umum
Setiap tanggal 23 April dunia akan memperingati Hari Bumi Sedunia. Tahun ini, peringatan tersebut bertepatan dengan momentum mudik lebaran, di mana orang-orang akan pulang kampung untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga.


Peringatan Hari Bumi Sedunia yang bertepatan dengan arus mudik ini bisa jadi momentum pula bagi kita untuk lebih memperhatikan bumi, salah satunya dengan melakukan mudik menggunakan transportasi umum alih-alih kendaraan pribadi.


Dengan kebijaksanaan yang sederhana ini kita bisa mengurangi konsumsi bahan bakar yang bisa jadi tidak ramah lingkungan, dan polusi yang mungkin tercipta selama perjalanan mudik pun dapat diminimalisir. Dampaknya sangat besar bagi bumi, loh.


2. Kirim-kirim makanan atau hampers lebaran dengan kemasan ramah lingkungan
Setiap bulan Ramadan, berbagi makanan untuk berbuka puasa dan juga hampers buat lebaran jamak ditemukan. Selain karena sudah membudaya, kegiatan berbagi kebaikan memang menjadi salah satu amalan Ramadan yang dianjurkan untuk dilakukan.


Namun, kegiatan ini terkadang juga dapat menimbulkan satu persoalan yaitu meningkatnya sampah plastik sekali pakai. Nah, Ramadan dan momen lebaran kali ini jadi waktu yang tepat untuk kita berupaya mengatasi persoalan tersebut.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Liputan6.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X