Waspada Mudik Lebaran Semakin Padat, 5 Tips Atasi Kantuk Selama Perjalanan

- Rabu, 27 April 2022 | 23:32 WIB
5 Tips Atasi Kantuk Selama Perjalanan (Pixabay.com)
5 Tips Atasi Kantuk Selama Perjalanan (Pixabay.com)


Sebanyak 79.4 juta orang diperkirakan akan mudik pada tahun 2022, menurut survei dari Badan Litbang Perhubungan (Balitbanghub) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dari angka tersebut, sekitar 40 juta pemudik diprediksi akan menggunakan kendaraan pribadi, dilansir dari Kompas.com, Selasa (19/4/2022).

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/riau/pr-113286998/warga-riau-mau-mudik-gratis-tujuan-sumbar-dan-sumut-silakan-daftarkan-diri-anda-segera


Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat untuk melakukan sejumlah persiapan, sehingga bisa tiba di kampung halaman dengan lancar dan selamat, apapun moda transportasi yang digunakan.


Keputusan pemerintah untuk mengizinkan masyarakat Indonesia mudik menjadi kabar baik di Ramadan tahun ini. Keputusan ini diambil seiring dengan semakin baiknya tingkat vaksin COVID-19 di Indonesia.


Lama tidak melakukan perjalanan jauh tentu diperlukan persiapan fisik, terutama jika saat mengantuk selama perjalanan. Mengantuk saat mengemudi dapat membahayakan kamu bahkan dapat berakibat fatal.


Salah satu studi jurnal Ergonomics menemukan bahwa rasa kantuk saat mengemudi salah satunya distimulasi oleh getaran halus ketika mobil sedang melaju, terlebih jika waktu mengemudi lebih dari 30 menit.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113283562/ajak-mudik-si-kecil-berikut-tips-anak-agar-tidak-rewel-saat-perjalanan


Di pekan terakhir sebelum Lebaran, arus mudik mulai melonjak dengan potret antrean di sejumlah jalan. Kondisi ini berpotensi meningkatkan rasa kantuk terutama karena masih menjalani ibadah puasa. Untuk mengatasi rasa kantung selama perjalanan mudik, berikut tips yang bisa kamu lakukan agar mudik tetap aman dan nyaman.


1. Tidur yang cukup sebelum mengemudi
Kurangnya waktu tidur akan berdampak pada aktivitas sehari-hari Anda, termasuk berkendara. Menurut riset AAA

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: travel.tempo.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X