Ajak Mudik Si Kecil? Berikut Tips Anak Agar Tidak Rewel Saat Perjalanan

- Selasa, 26 April 2022 | 22:35 WIB
Berikut Tips Anak Agar Tidak Rewel Saat Perjalanan (Pixabay.com)
Berikut Tips Anak Agar Tidak Rewel Saat Perjalanan (Pixabay.com)

Siapa yang tidak antusias untuk tradisi mudik ya! Pulang ke kampung halaman demi mengunjungi keluarga dan kerabat di momen libur Lebaran apalagi ajak si kecil. Wah, beragam keseruan sudah terbayang! sudah mempersiapkan apa saja nih jelang mudik?

Tentunya cukup banyak yang harus dipersiapkan, apalagi bila anda sekeluarga mengendarai mobil untuk berangkat mudik. Salah satu hal yang paling penting, adalah mengatur strategi agar si Kecil tidak rewel di mobil selama di perjalanan. Tenang saja, berikut sudah disiapkan tipsnya:

1. Cek Kesehatannya
Menurut ahli spesialis gizi, sebelum melakukan perjalanan mudik, ada baiknya ibu untuk memastikan bahwa Si Kecil tengah berada dalam kondisi yang fit. Pasalnya, mudik yang memakan waktu lama bisa jadi menguras tenaganya sehingga menimbulkan berbagai masalah kesehatan.


Selain itu, siapkanlah obat-obatan sederhana untuk dirinya dan anggota keluarga lainnya. Misalnya, obat sakit kepala, obat alergi, obat sakit mag, mabuk perjalanan, hingga obat anti diare. Obat-obatan ini amat membantu sebagai pertolongan pertama selama mudik.


2. Jangan Lupakan Mainan Favoritnya
Bila Si Kecil memiliki mainan favorit seperti mobil-mobilan atau boneka, bawalah mainan tersebut untuk menghilangkan rasa penat di tengah perjalanan. Kata psikolog anak, sebaiknya bawalah mainan tersebut lebih dari satu agar ia enggak cepat merasa bosan. Lalu, berikan mainan itu satu persatu, bukannya sekaligus.


Selain itu, ibu bersama anggota keluarga lainnya juga bisa menciptakan permainan sendiri. Misalnya, tebak kata, menghitung jumlah mobil, atau permainan menarik lainnya.


Baca juga:https://riau.harianhaluan.com/daerah/pr-113264658/kawal-mudik-lebaran-2022-polres-siak-siapkan-5-titik-pos-pengamanan


3. Perbanyak Informasi
Jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang jalur yang akan dilewati. Misalnya, penginapan, tempat istirahat, restoran, dan tempat-tempat lainnya yang diperlukan selama perjalanan mudik. Nah, ketika Si Kecil sudah mulai merasa enggak nyaman di dalam kendaraan, ambil waktu rehat dan ajak dirinya bermain.


Agar dirinya enggak mudah merasa lelah atau bosan, disarankan untuk beristirahat setiap dua atau tiga jam. Hal ini pun juga bisa mengembalikan tenaga ibu atau ayah yang membawa kendaraan.


4. Ketahui Kebiasaan Si Kecil
Agar anak merasa nyaman selama perjalanan mudik, ibu bisa kembali mengingat kebiasaan Si Kecil. Mulai dari jam tidur, ekspresinya jika sudah mulai lelah, atau perilakunya jika sudah mulai bosan. Mengenal kebiasaan Si Kecil ini bisa membantu ibu menenangkan Si Kecil jika ia mulai rewel di perjalanan.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: idn times

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB

Harus Tahu! Berikut Tips Menjadi Perantau Sukses

Selasa, 2 Agustus 2022 | 23:36 WIB
X