Ngabuburit Produktif, Ini 9 Pilihan Aktivitas Menunggu Buka Puasa Sambil Meningkatkan Kualitas Diri

- Selasa, 12 April 2022 | 21:25 WIB
Aktivitas Menunggu Buka Puasa Sambil Meningkatkan Kualitas Diri (Pixabay.com)
Aktivitas Menunggu Buka Puasa Sambil Meningkatkan Kualitas Diri (Pixabay.com)


Ngabuburit atau menunggu azan Maghrib yang menandakan masuknya waktu berbuka puasa adalah momen yang sangat terasa di bulan Ramadhan. biasanya banyak orang beramai-ramai menanti buka puasa dengan santai dan ringan.

Banyak juga waktu yang dihabiskan dengan bermain media sosial. Tapi untuk lebih bermakna menunggu buka puasa sambil meningkatkan kualitas diri adalah pilihan tepat, berikut 9 pilihan aktivitas buat ngabuburitmu lebih produktif, simak yuk:

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/pekanbaru/pr-11377510/asal-mula-istilah-ngabuburit


1. Membaca Al-Qur'an 
Bulan puasa merupakan waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. Bagaimana tidak, Allah SWT melipatgandakan nilai pahala di bulan ini, sehingga jangan sampai melewatkan kesempatan emas tersebut.


Salah satu ibadah yang lebih digalakkan lagi di Bulan Ramadhan adalah mengaji. Bila sehari-hari kamu membaca Al-Qur'an saja, kini mencoba untuk turut memahami isinya. Pelajari arti setiap ayat, sehingga kamu bisa memahami apa hal penting yang Allah SWT sampaikan melalui kitab-Nya tersebut.


2. Membaca Buku
Kegiatan membaca buku memiliki banyak keuntungan jika dilakukan secara teratur. Dengan waktu untuk mencari bacaan informatif dan menghibur, kamu dapat mengetahui pengetahuan sekaligus membuat tubuhmu lebih rileks. Nah, di bulan puasa ini, yuk isi waktumu dengan membaca bacaan yang informatif dan menghibur.


3. Berolahraga
Kata siapa kamu nggak bisa berolahraga saat berpuasa? Ngabuburit adalah waktu yang tepat untuk kamu mulai berkeringat. Tak perlu melakukan olahraga yang berat, kok. Kamu bisa melakukan meditasi dengan mengikuti latihan yoga. Selain bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih bugar, yoga dapat menenangkan dirimu dari padatnya rutinitas sehari-hari.


4. Menonton Film
Nggak suka membaca buku atau berolahraga? Waktu ngabuburit juga bisa diisi dengan kegiatan menonton film. Ada sejumlah tema berbeda film dalam dan luar negeri yang bisa kamu pilih serta masih tayang di bioskop.


5. Bersilaturahmi dengan Kerabat
Mempererat tali silaturahmi itu nggak hanya dapat dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Kamu juga bisa kok mulai menjalin tali silaturahmi dengan kerabatmu saat ngabuburit. Cukup menelpon atau video-call aja, kerabatmu pun pasti senang.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113126875/sering-mengantuk-di-kantor-saat-puasa-ini-7-cara-efektif-untuk-mengatasinya

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: idntimes.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X