8 Tips Efektif dan Optimal Mengetahui Kecerdasan Anak

- Selasa, 29 Maret 2022 | 14:25 WIB
8 Tips Efektif dan Optimal Mengetahui Kecerdasan Anak  (Pixabay.com)
8 Tips Efektif dan Optimal Mengetahui Kecerdasan Anak (Pixabay.com)

HALUANRIAU.CO, LIFESTYLE - Anak cerdas optimal tentu menjadi dambaan setiap orang tua. Alasannya adalah karena kecerdasan anak merupakan salah satu hal penting yang menentukan prestasinya di sekolah dan masa depannya kelak.

Kecerdasan anak yang kita kenal dapat berupa Intelligence Quotient (IQ) yang merupakan kecerdasan tunggal dari individu yang pada dasarnya hanya bertautan dengan aspek kognitif individu tersebut, Emotional Quotient (EQ) yang merupakan kemampuan mengontrol dan menggunakan emosi, mengendalikan diri, menyesuaikan diri dengan lingkungan termasuk kerja sama dan kemampuan bersosialisasi.

Serta Spiritual Quotient (SQ) yang merupakan kecerdasan untuk mengetahui makna dan value, menempatkan perilaku dan hidup pada makna yang lebih luas.

8 jenis kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner dalam Multiple Intellegence, yaitu:

Baca Juga: Harga Cabe Alami Penurunan di Inhil

1. Linguistic intelligence

Kemampuan untuk menganalisa informasi yang berhubungan dengan bahasa. Untuk mengetahui pola kecerdasan anak berdasarkan Linguistic Intelligence, umumnya kegiatan yang paling disukai adalah membaca dan menulis.

2. Logical-mathematical intelligence

Kemampuan untuk berhitung dan menyelesaikan masalah secara abstrak. Kecerdasan yang satu ini, banyak sekali kaitannya dengan kemampuan berhitung, membuat pendapat, penggunaan nalar ilmiah hingga memiliki minat tinggi pada sesuatu hal yang logis.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X