Tips Mengajari Kucing Agar Tak Buang Kotoran Sembarangan

- Kamis, 10 Februari 2022 | 11:23 WIB
Ilustrasi  (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)


HALUANRIAU.CO, LIFESTYLE - Memelihara kucing di rumah memang menyenangkan. Penampilannya yang menggemaskan dan tingkahnya yang lucu jadi hiburan tersendiri bagi pemiliknya.

Akan tetapi, memelihara hewan yang satu ini butuh kesabaran, loh. Terutama saat mengajari mereka buang kotoran.

Ya namanya juga binatang, meski sudah disediakan bak pasir sebagai toilet, kadang ada saja yang bandel, kencing atau buang kotoran sembarangan.

Meski begitu, kucing pada dasarnya adalah hewan yang sangat bersih. Secara insting mereka akan mencari pasir sebagai tempat buang air lalu mengubur kotorannya.

Baca Juga: Sambangi Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Adila Ansori Usulkan Penambahan SLTA/SMA Baru di Pasir Penyu.

Namun ada kalanya tidak demikian, biasanya karena mereka belum mengenal tempat barunya, atau belum hapal dan belum terbiasa dengan lokasi kotak pasir yang kita sediakan. Untuk itu mereka perlu dilatih.

Bagaimana caranya? Mengutip dari Petfinder, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar kucing tak buang kotoran sembarangan.

1. Letak bak pasir di tempat sepi

Kucing ternyata hewan yang pemalu. Mereka tidak suka buang air di tempat yang ramai dan terlihat orang lain.

Oleh karena itu letakkan bak pasir di tempat yang sepi dan tak terlihat banyak orang. Kamu bisa meletakkannya di pojok ruangan agar kucing merasa nyaman.

Meski begitu, pastikan bak pasir tersebut dapat terlihat sehingga dia akan selalu kembali. Juga jangan letakan beraneka barang dekat kotak kotoran tersebut, agar kucing mudah mengingat di mana lokasinya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X