Muhammadiyah: Hukum Menikah Beda Agama dalam Islam Adalah Haram

- Rabu, 9 Februari 2022 | 12:29 WIB
Ilustrasi menikah (Pixabay)
Ilustrasi menikah (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, LIFESTYLE - Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral yang telah diatur dalam keyakinan masing-masing.

Dalam agama Islam sendiri, calon suami dan istri yang hendak menikah harus beragama Islam atau tidak boleh menikah beda agama.

Namun, kenyataannya di lapangan masih banyak Muslim/Muslimah yang memiliki hubungan dengan non muslim atau tidak se-agama.

Dikutip dari Muhammadiyah.or.id, para ulama sepakat bahwa haram hukumnya perempuan Muslimah menikah dengan laki-laki selain Muslim.

Ulama juga telah sepakat bahwa laki-laki Muslim haram menikah dengan perempuan yang berkeyakinan Budha, Hindu, Konghuchu dan lainnya. Hal ini tertuang dalam surah Al-Baqarah ayat 221.

Baca Juga: Diputuskan Lantaran Tak Berpunya, Pria ini Ancam Pacar Baru Sang Mantan Kekasih

"Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahi laki-laki musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran." (QS. Al-Baqarah: 221).

Namun, menurut sebagian ulama, seorang laki-laki Muslim tetap diperbolehkan menikah dengan perempuan non muslim asalkan calon istrinya tersebut adalah Ahlul Kitab (Yahudi, Katolik dan Protestan).

Soal pria Muslim boleh menikahi perempuan Ahlul Kitab ini merujuk pada surah Al-Maidah ayat ayat 5.

"Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (Dan dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi." (QS Al-Maidah: 5)

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Indozone.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada, 6 Penyakit Menyerang Anak-anak, Hati-Hati!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Perlu Catat! Tips Menjaga Kesehatan Rambut Anak

Jumat, 12 Agustus 2022 | 23:12 WIB

5 Kandungan Skincare yang Bermanfaat untuk Wajah

Jumat, 12 Agustus 2022 | 22:35 WIB

Jangan Remehkan, 4 Manfaat Rutin Memotong Kuku

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:49 WIB

Kenali Ciri-Cirinya! Hati-hati Investasi Bodong

Jumat, 5 Agustus 2022 | 22:54 WIB

5 Metode Menanam Tanaman Hidroponik, Wajib Coba!

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:39 WIB

Catat! 10 Barang yang Wajib Dibawa saat Travelling

Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:32 WIB
X