11 Tips Meningkatkan Minat Baca yang Bisa Anda Coba, Lebih Sekedar Jendela Dunia

- Jumat, 7 Januari 2022 | 11:43 WIB
11 Tips Meningkatkan Minat Baca yang Bisa Anda Coba (Pixabay)
11 Tips Meningkatkan Minat Baca yang Bisa Anda Coba (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, LIFESTYLE - Lebih dari sekadar jendela dunia, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membaca buku, misalnya meredakan stres, mengurangi gejala depresi, mempermudah tidur, hingga mencegah penurunan kognitif.

Meski demikian, minat baca yang rendah menyebabkan kegiatan ini kurang diminati oleh sebagian kalangan. Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari berbagai cara meningkatkan minat baca berikut ini:

Baca Juga: Si Kecil Jadi Senang Membaca, Simak 9 Tips Belajar Membaca Anak SD Yang Bisa Orangtua Coba

1. Jadikan buku sebagai kenyataan

Salah satu cara menumbuhkan minat baca di dalam diri adalah menjadikan buku sebagai kenyataan. Misalnya, Anda baru saja membaca buku tentang keindahan alam di Indonesia.Supaya Anda bisa merasakan keindahan yang dijelaskan di buku tersebut, Anda bisa mengunjungi ke tempat-tempat indah yang baru saja dibaca.

Cara ini juga efektif bagi anak-anak. Ajaklah mereka untuk berlibur dan benar-benar merasakan apa yang ada di buku tersebut. Dengan menjadikan buku sebagai kenyataan, minat baca mereka bisa ditingkatkan.

2. ‘Berkenalan’ dengan penulis ternama dunia

Mencari tahu tentang penulis-penulis ternama dinilai sebagai cara menumbuhkan minat baca yang efektif. Dengan mengenalnya, Anda diharapkan bisa lebih penasaran dengan buku-buku karangannya. Salah satu penulis ternama yang mungkin mampu menarik perhatian.

Baca Juga: Diskes Pekanbaru Tunggu Arahan Pusat Berikan Vaksin Booster untuk Warga

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Glints.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X