Hampir Pensiun, Berikut 5 Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Selain Uang Tabungan

- Selasa, 9 November 2021 | 14:44 WIB
Ilustrasi (Foto: Elf-Moondance dari Pixabay)
Ilustrasi (Foto: Elf-Moondance dari Pixabay)

HALUANRIAU.CO, TIPS - Mendekati masa pensiun bagi sebagian lansia adalah momok yang menakutkan terutama yang cemerlang posisinya.

Masa pensiun menjadi fase dimana pamor dan bawahan yang selalu setia, fasilitas yang memanjakan, komunitas sosial yang selalu hangat, rutinitas yang padat hingga harus selalu fiit dan gesit, tempat-tempat yang biasa dipakai meeting, nongkrong, dan olahraga bersama akan ditinggalkan.

Di waktu pensiun rentan dihinggapi perasaan tidak berguna, tidak dibutuhkan merasa hidup dan keberadaannya tidak berharga dan memiliki arti.

Akibatnya, saat dinyatakan pensiun kebanyakan mengalami Post Power syndrome yang menurunkan moodnya dengan drastis, merampas semangat hidup memperburuk kesehatan.

Baca Juga: Peringati HUT ke 71, Polairud Polres Inhil Salurkan Bantuan Sembako ke Panti Asuhan Puri Kasih Tembilahan

Padahal saat di masa pensiun diharapkan orang lansia bisa menikmati sisa sisa hidupnya dengan bahagia. Bukan sekedar menyiapkan uang tabungan, ada hal lain yang perlu disusun mendekati waktu pensiun.

Tetapi dampak pensiun yang kurang baik tersebut dapat dicegah dengan mencoba sejumlah tips dengan seperti dilansir dari SehatQ.com yaitu:

1. Membuat pencapaian kecil yang realistis

Mendekati pra-pensiun sebaiknya ajak lansia membuat beberapa pencapaian kecil yang rinci dan realistis, misalnya menurunkan berat badan sebanyak tiga kilogram setiap bulannya, dan sebagainya. Dengan begitu, diharapkan ia lebih siap menerima kenyataan saat masa pensiun itu tiba.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Lewatkan 10 Sunnah Rasulullah Berikut Ini

Kamis, 6 Januari 2022 | 12:19 WIB
X