Warga Sikijang Tolak Pelantikan Pjs Kades, Kantor Desa Disegel

- Senin, 5 Juli 2021 | 18:03 WIB
IMG_20210705_180255
IMG_20210705_180255

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN-Bupati Kuantan Singingi Andi Putra SH MH, baru saja melaksanakan pelantikan 44 Pjs (Pejabat Sementara) Kades Se Kabupaten Kuantan Singingi pada Kamis 1 Juli 2021 yang lalu di pendopo rumah dinas Bupati.

Pada saat itu Bupati mengintruksikan kepada para Pjs Kades untuk memperkuat komunikasi dengan seluruh komponen desa dan juga memahami kondisi sosial yang terjadi dimasyarakat sehingga semua kebijakan yang dikeluarkan dapat menyentuh kepentingan publik.

Namun beda hal yang terjadi di Desa Sikijang Kecamatan Logas Tanah Darat, masyarakat menolak dengan dilantik nya pejabat sementara (Pjs) Kepala Desa setempat, sebagaimana hal itu di perlihatkan masyarakat dengan melakukan penyegelan Kantor Desa Sikijang yang tertempel dan bertuliskan " Kami masyarakat Sikijang menolak Pjs Kades Desa Sikijang yang bukan warga asli Sikijang karena kami masih sanggup memimpin negeri sendiri ".

Penolakan itu diungkapkan masyarakat pada Senin (5/7) kerena Sekretaris Desa Sikijang aktif berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), Namun tidak diangkat sebagai PJ Kades Desa Sikijang.

Bahkan penolakan itu juga di unggah disalah satu media sosial akun Facebook inisial MM (51) yang bertuliskan " Kono segel (kena segel.red) kantor kepala Desa Sikijang dek(oleh.red) masyarakat.Karna tidak setuju. Pemimpin masarakat orang luar. Sementara Sekdes yg PN. ado(ada.red) masarakat Sikijang " Tulis nya dalam unggahan tersebut, dan mendapatkan dua komentar dan lima menyukai dan satu emoticon dari netizen.

Camat Logas Tanah Darat Rian Fitra Yulianda, S.STP membenarkan akan kabar tentang adanya masyarakat Desa Sikijang yang melakukan penyegelan Kantor Kepala Desa Sikijang dengan aksi menolak akan PJ Kades Desa Sikijang yang notabene nya bukan Putra asli Sikijang.

"Benar, Tadi kami juga sudah himbau perwakilan dari masyarakat desa Sikijang, dan beberapa keterangan sudah kita himpun, " Ujar Rian Fitra kepada Haluanriau.co.

Dijelaskan Rian, kedepan kita akan luruskan dan memberikan pemahaman permasalahan ini kedepan,terkait hal hal yang akan kita sampaikan nanti disana dihadapan masyarakat Sikijang. Ucap Rian

" Saat ini kita masih musyawarah dengan perwakilan, kapan kita bisa diundang mereka ke sana (desa Sikijang.red), kita hadir nanti, " Jelas Rian.

Reporter: Yendri Saputra

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

Muara Lembu Sembelih 80 Hewan Kurban

Selasa, 20 Juli 2021 | 11:36 WIB

Andi Putra: Jaga Protokol Kesehatan Setiap Saat

Selasa, 20 Juli 2021 | 09:46 WIB

ASN Kuansing Siap Siap, Bakal Ada Mutasi

Senin, 19 Juli 2021 | 20:36 WIB

Polres Kuansing Sebar Ratusan Kotak Sembako

Jumat, 16 Juli 2021 | 19:11 WIB
X