Warga, BKSDA dan WWF Usir Gajah dari Kebun Warga di Logas

- Minggu, 18 April 2021 | 15:53 WIB
IMG_20210418_155108
IMG_20210418_155108

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI-
Dalam sebulan terakhir, belasan bahkan puluhan Gajah liar memasuki kebun-kebun hingga permukiman warga di Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau, Namun selama ini warga hanya mengandalkan peralatan seadanya untuk mengusir hewan bergading tersebut.

Resah akan keberadaan hewan bertubuh besar itu akhirnya masyarakat mengusir dengan cara menggiring kawanan Gajah tersebut ke habitatnya yakni, Daerah Konservasi Taman Nasional Tesso Nillo (TNTN) melalui jalur PT RAPP Pelalawan-Kuantan Singingi Sektor Baserah, Minggu(18/04/2021).

Dengan didampingi World Wide Fund for Nature (WWF) Riau masyarakat menggiring dan mengusir hewan berbelalai itu dengan cara menembakan meriam karbit dengan bahan peledak menggunakan spiritus, dan sebagian masyarakat menggunakan mercon bakar.

WWF Riau, serta Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA/KSDA) Provinsi Riau menggiring kawanan Gajah hingga tak satupun yang berada di pemungkiman warga, Sehingga tak ada lagi kebun masyarakat yang rusak di lalap sang binatang purbakala itu.

Kepala Desa Teratak Rendah, Nasrifan membenarkan, bahwa pihak WWF dan BKSDA menggiring kawanan Gajah tersebut hingga tak ada lagi yang tertinggal oleh kawanan lainnya, Sehingga masyarakat tidak merasa was was lagi.

"Mulai dari pagi, kita berharap masyarakat sudah agak tenang, terima kasih kepada WWF dan KSDA yang telah mengiring kembali kawanan Gajah tersebut ke habitatnya, ujar Nasrifan.

 

 

Reporter: Yendri Saputra

Editor: Eka Buana Putra

Terkini

X