4 Manfaat Es Krim Cokelat bagi Kesehatan, Nomor 2 Tak Terduga

- Selasa, 23 Agustus 2022 | 19:08 WIB
Es krim Coklat (Pixabay.com)
Es krim Coklat (Pixabay.com)



Saat cuaca panas, mengonsumsi es krim adalah salah satu pilihan yang tepat. Apalagi, es krim cokelat. Selain dapat mendinginkan kerongkongan, es krim cokelat juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan. Melansir dari laman Verywell Fit, berikut beberapa manfaat dari es krim cokelat yang mesti kamu ketahui.

Baca Juga: Bermodalkan Es Krim, Kakek Cabuli Cucu Kandung Berkali-kali

1. Dapat membantu mencegah penyakit jantung

Kakao yang biasanya ditambahkan dalam proses pembuatan es krim cokelat ternyata mengandung bahan kimia bernama flavanol yang bisa membantu melindungi jantung. Bahkan, ada beberapa studi yang mendukung manfaat dari flavanol kakao tersebut. Manfaat lain flavanol seperti dapat membantu meningkatkan aliran darah serta menurunkan tekanan darah.

Beberapa penelitian bahkan menemukan hubungan antara asupan tinggi kakao atau cokelat sekitar 6 gram setiap hari dengan penurunan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, penelitian juga mencatat bahwa memakan cokelat hitam setiap harinya dapat membantu mengurangi peradangan.

2. Dapat membantu mengurangi risiko stroke

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Heart, memakan cokelat dapat membantu mengurangi risiko terkena stroke. Mereka juga menemukan keterkaitan antara asupan cokelat yang tinggi dengan risiko terkena kardiovaskular yang rendah di masa depan. Terlebih, para peneliti mencatat bila tidak ada bukti bahwa cokelat harus dihindari oleh mereka yang berisiko terkena kardiovaskular.

3. Dapat meningkatkan performa atletik


Untuk para atlet yang berpartisipasi dalam olahraga ketahanan tubuh, ada baiknya mempertimbangkan untuk menambahkan cokelat hitam ke dalam makanan mereka.

Hal ini dikarenakan, menurut studi oleh Journal of the International Society of Sports Medice, dalam studi silang pada pengendara sepeda pria, para peneliti menemukan bahwa memakan 40 gram cokelat hitam dapat menghasilkan ambang pertukaran gas yang lebih tinggi, membantu meningkatkan kinerja uji coba waktu serta mengurangi oksigen yang dipercaya dapat meningkatkan performa atletik.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter, Hallodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB
X