Dapat Atasi Stroke, Berikut 5 Manfaat Mendengarakan Musik Bagi Kesehatan

- Jumat, 19 Agustus 2022 | 17:58 WIB
Ilustrasi stroke (Galamedia - Jawa Barat)
Ilustrasi stroke (Galamedia - Jawa Barat)

 

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Mendengarkan musik bukan hanya sekedar hobi, tapi juga dapat memberikan pengaruh terhadap kelancaran berbagai aktivitas sebagai rutinitas sehari-hari. Misalnya saja, ketika bekerja sambil mendengarkan musik dapat menimbulkan perasaan semangat dan tak jarang emosional seseorang dapat stabil berdasarkan jenis musik yang didengarkan.

Musik dengan berbagai genre juga dapat dijadikan patokan dalam menentukan kepribadian seseorang. Seperti halnya penelitan yang dilakukan oleh para peneliti Heriot-Watt University terhadap 36.000 lebih partisipan dari seluruh dunia dengan tujuan untuk mencari tahu kepribadiian seseorang berdasarkan selera musiknya.

Penelitian ini menjelaskan bahwa pendengar musik dengan selera genre pop diidentikan seorang dengan pribadi ekstrovert, jujur dan konvensional. Untuk musik rap atau hip hop, cenderung bersifat supel dan memiliki harga diri tinggi. Sedangkan untuk jenis musik rock lebih di identifikasi sebagai pendengar dengan kepribadian yang kreatif, tapi sering kali tertutup dengan dunia luar yang membuat mereka mendapat citra agresif dab impulsif.

Baca Juga: Kemenkumham Tolak Merek 'Gen Halilintar' Berujung Penggugatan

Seperti dilansir dari klikdokter, hanya dengan mendengarkan musik, berbagai manfaat baik bagi kesehatan dapat kita terima. Mulai dari kesehatan mental hingga fisik dan manfaat lengkap lainnya dapat ditemukan dalam list sebagai berikut:

  1. Suasana Hati Jadi Tenang

    Pada tahun 2006, terdapat penelitian terhadap 60 orang dewasa dengan tujuan mencari tahu dan mendapatkan hasil bahwa dengan mendengarkan musik mampu mengurangi rasa sakit, depresi, serta dapat memberikan kualitas tidur menjadi lebih baik.

    Bukan hanya itu, aktivitas bernyanyi dan mendengarkan musik dapat meningkatkan susasana hati atau mood agar dapat menjadi lebih tenang dan terasa damai.

  2. Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

    Musik dikatakan dapat berpotensi terhadap meningkatnya respons sistem kekebalan tubuh berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2013 lalu.

    Studi itu juga menjelaskan bahwa dengan memanfaatkan musik sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, maka telah didapatkan obat yang murah dan tidak memiki efek samping seperti halnya obat-obatan berbahan kimiawi.

  3. Terapi Tambahan Untuk Pasien Epilepsi

    Penyakit epilepsi adalah gangguan otak dengan kejang-kejang tak menentu sebagai gejalanya. Berdasarkan hasil studi dari penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Wexner Medical Center, penderita penyakit epilepsi ini dapat dibantu dalam mengatasinya dengan menggunakan musik sebagai terapi tambahan. Hal ini disebabkan karena musik terbukti mampu membantu meredakan gejala kejang-kejang dari penyakit epilepsi berkat efek relaksasi dari mendengarkan musik.

  4. Meredakan Stres

    Musik dapat memberikan perannya dalam menurunkan tingkat kortisol tubuh, sehingga saling mempengaruhi terhadap kemampuannya untuk mengurangi stres.

    Dalam meredakan stres, jenis musik dengan irama tenang seperti jazz lebih disarankan untuk didengar karena dapat memberikan efek relasasi dan menenagkan hati

  5. Meredakan Penyakit Stroke

    Manfaat terakhir dalam list ini adalah musik dapat digunakan sebagai pemicu dalam meringankan stroke. Seperti yang dijelaskan dari penelitian dengan melibatkan 60 pasien stroke, di mana sepertiganya mendengarkan musik selama satu jam sehari, sepertiga lainnya diperintah untuk mendengarkan irama dari audiobook, dan sisanya tidak mendapat perintah apapaun terkait mendengarkan musik jenis apa pun.

    Hasilnya, setelah 3 bulan berlalu, diketahui pasien yang mendengarkan musik selama 1 jam sehari menyebabkan peningkatan daya ingat verbal sebesar 60%, untuk pasien yang mendengarkan audiobook mendapatkan peningktan daya ingat verbal sebanyak 18%, sedangkan sisa pasien yang tidak mendapat perintah untuk mendengarkan musik mendapat peningkatan sebesar 29%.

    Dari penelitian ini, tidak dijelaskan kebenaran musik dalam manfaatnya terhadap jaringan otak yang rusak. Tapi, dari penelitian lain disebutkan bahwa musik mampu meningkatkan penyesuaian otak untuk membuat koneksi baru di antara sel-sel saraf.

Baca Juga: Sekali Lagi! Bali Didatangi Aktor Hollywood Pemain Film Spider-Man

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: klik dokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB
X