Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Punya Kulit Wajah Sehat!

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 17:30 WIB
Ilustrasi kesehatan wajah (Pixabay.com)
Ilustrasi kesehatan wajah (Pixabay.com)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Menjaga dengan merawat kulit agar tetap sehat merupakan sebuah keharusan bagi semua orang. Tanpa terkecuali, kulit wajah harus dijaga kesehatannya.

Sama halnya dengan rambut sebagai 'mahkota', wajah juga merupakan bagian utama tubuh yang dapat dijadikan 'aset' penting di masa depan.

Mengingat di era yang serba 'good looking' seperti sekarang ini menjadikan penampilan fisik luar tubuh adalah hal yang krusial sebagai penunjang dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Ini dikarenakan, dengan memiliki kulit wajah terawat dan sehat dapat memberikan rasa percaya diri hingga pemenuhan persyaratan penerimaan pekerjaan tertentu.

Perlu diketahui, merawat kulit wajah agar tetap sehat tidak boleh sembarangan dengan menggunakan metode/kiat-kiat perawatan yang justru dapat menyebaban munculnya masalah baru pada kulit wajah seperti jerawat, noda hitam, kulit kusam dan kering.

Baca Juga: Suka Bermain Gadget? Berikut Beberapa Cara Jaga Agar Mata Tetap Sehat

Kesehatan kulit wajah sendiri banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kondisi medis tertentu, pemilihan cara merawat kulit, faktor lingkungan, bahkan faktor karena pertambahan usia. Untuk itu, berikut dipaparkan cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kulit wajah agar tetap terawat dan sehat, di antaranya:

  1. Rutin Mencuci Wajah

    Mencuci wajah secara rutin dapat memberikan manfaat pada kulit wajah agar tidak kusam karena terpapar debu dan sinar matahari ketika melakukan aktivitas di luar ruangan. Kegiatan mencuci wajah dapat dilakukan sedikitnya 2 kali sehari, yakni di pagi hari dan malam hari sebelum tidur atau saat diperlukan, seperti mencuci wajah setelah menggunakan make-up pada wajah.

    Menggunakan produk skincare wajah juga dapat dilakukan untuk memberikan hasil yang maksimal dalam mencuci wajah. Karena mencuci wajah dengan melibatkan produk skincare dapat memberikan efek lebih seperti mencegah timbulnya jerawat pada kulit, kulit menjadi lembab dan kenyal sehingga dapat dikatakan sebagai kulit wajah yang sehat.

  2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

    Selain mencegah dehidrasi pada tubuh, mengkonsumsi air putih juga dapat memberikan manfaat pada kesehatan kulit wajah. Karena dengan konsumsi air putih yang cukup, dapat membuat teksur kulit menjadi lembut dan lembab. Dengan air putih juga dapat menjaga kulit tetap sehat dan mencegah kulit kering serta kusam setelah mengkonsumsinya.

    Untuk memperoleh manfaatnya, setidaknya air putih dapat dikonsumsi sebanyak 13 gelas per-hari bagi laki-laki dan 9 gelas per hari bagi kaum perempuan. Selain itu, dengan minum air putih 30-60 menit sebelum tidur dapat memberikan manfaat bagi kulit agar terhindar dari kondisi kulit kusam dan keriput karena pada saat tidur kulit tetap terhidrasi dengan baik.

  3. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

    Aktivitas yang biasa dilakukan semua orang tanpa tahu akan resikonya adalah beraktivitas di luar dengan terpapar sinar matahari secara langung. Faktanya, paparan sinar matahari secara langsung mengenai kulit dapat membahayakan kesehatan kulit.  Karena kulit akan tampak kusam dengan warna kulit yang tidak merata jika terkena matahari secara langsung.

    Selain itu, paparan sinar UV  yang dihasilkan matahari juga dapat memperlihatkan beberapa tanda penuaan dini dengan garis halus dan kerutan sebagai tandanya. Oleh karena itu, untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV diperlukan penggunaan tabir surya atau Sunblock. Peggunaan Sunblock dapat dilakukan dengan dioleskan pada area wajah dan bagian tubuh lain yang tidak tercover dari sinar matahari sebelum berpergian ke luar rumah. Hal ini bermanfaat untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari, mencegah resiko timbulnya kanker kulit, mencegah penuaan dini dan munculnya flek hitam pada wajah.

  4. Rajin Melakukan Eksfoliasi

    Eksfoliasi adalah salah satu metode perawatan kulit dengan tujuan untuk dapat mengangakat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Dengan kegiatan eksfoliasi sel-sel kulit mati dapat memberikan manfaat pada kulit wajah agar tetap bersih, lebih cerah, dan terhindar dari adanya jerawat.

    Sebaiknya kegiatan meng-eksfoliasi sel-sel kulit mati dapat dilakukan minimal satu kali dalam seminggu. Eksfoliasi ringan dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih asam atau tonner non-irritating dan menggunakan waslap atau kain bersih lembut jika ingin melakukannya secara manual. Kegiatan eksfoliasi ini juga mempunyai manfaat lain bagi kulit, yakni tekstur kulit yang menjadi semakin halus dan menjadi lebih mudah dalam menyerap produk perawatan kulit.

  5. Hindari Stres

    Permasalahan stres yang sering dihadapi kebanyakan orang merupakan salah satu faktor penyebab kulit wajah menjadi sehat. Oleh karenanya, perlu dihindarkan agar kulit dapat kemballi menjadi sehat. Sebab, ketika stres tubuh menghasilkan hormon kortisol yang berperan penting terhadap meningkatnya produksi minyak alami pada tubuh. Dimana minyak yang dapat dijumpai pada kulit itu apabila terus bertambah dan menumpuk dapat menutup pori-pori pada kulit meyebabkan munculnya jerawat di wajah.

    Untuk itu, perlu dilakukan hal-hal yang dapat membuat tubuh terhindar dari stres seperti dengan cukup mengistirahatkan tubuh, tidak terlalu fokus terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi, dan melakukan kegiatan bermeditasi untuk memperoleh ketenangan pikiran dan hati dalam diri. Hal lainnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres adalah dengan libur berpergian ke suatu tempat dan menghindari pikiran-pikiran negatif dengan melakukan kegiatan positif.

(Forman/HRC-MaG)

Baca Juga: Jelang Final Piala AFF U-16, Bima Sakti: Tidak Boleh Ada Salah Antisipasi dan Komunikasi

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB

Hentikan! Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Jumat, 2 September 2022 | 23:23 WIB
X