5 Hewan Peliharaan Ini Dipercaya Ampuh Atasi Stres

- Kamis, 11 Agustus 2022 | 17:44 WIB
[Ilustrasi] Hewan peliharaan anjing dan kucing. Haruskah disuntik vaksin Covid-19 (Pixabay)
[Ilustrasi] Hewan peliharaan anjing dan kucing. Haruskah disuntik vaksin Covid-19 (Pixabay)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Melakukan kegiatan atau aktivitas dengan melibatkan kemampuan daya berpikir otak, sering kali menyebabkan stres. Apalagi, kegiatan tersebut dilakukan berulang-ulang setiap hari hingga menumpuk dan dapat mempengaruhi kesehatan mental.

Hal ini yang sering dialami pekerja di dunia kerja dan pelajar dengan berbagai kegiatan proses belajarnya. Sering kali orang berpikiran dengan traveling ke berbagai destinasi wisata atau negara lain cukup untuk mengurangi tingkat stress dan mencegah depresi dari pikiran-pikiran negatif. Nyatanya, ada cara lain untuk mengatasi stress tanpa harus mengeluarkan waktu dan uang yang banyak.

Seperti yang dilansir dari Mental Health, dengan memlihara atau mengadopsi hewan peliharaan dapat memberikan banyak manfaat, terutama berhubungan dengan kesehatan mental pemiliknya. Pada dasarnya, memelihara hewan peliharaan dapat memberikan manfaat dalam menekan tingkat stres dan mencegah resiko dari depresi yang dialami pemilik mereka.

Manfaat tersebut bisa dirasakan saat aktivitas merawat hewan peliharaan, kerena dapat mengalihkan perhatian pemiliknya dari hal-hal negatif dengan resiko timbulnya stres. Lanjut lagi, pemiliki akan sangat menikmati momen saat merawat hewan peliharaan mereka sehingga dapat menghasilkan perasaan bahagia dan nyaman ketika bermain dengan hewan peliharaan mereka.

Baca Juga: Bioderma Sensibio Tonique, Pelembab dan Perawatan Tambahan Kecantikan Kulit

Untuk itu, bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan mental dengan mampu mengatasi stres atau depresi, kamu bisa coba memelihara hewan-hewan peliharaan berikut:

  1. Kucing

    Hewan berbulu satu ini, dapat dikatakan sebagai hewan peliharaan favorit banyak orang. Hal ini karena tingkah lucu dan menggemaskan kucing mampu memberikan rasa nyaman ketika berada didekatnya.

    Merawat kucing terbukti ampuh menekan tingkat stres karena dapat mengalihkan perasaan negatif ketika berinteraksi dan bermain denganya. Selain itu, kucing dapat berguna sebagai penjaga rumah dari hama seperti tikus. Kucing sendiri banyak jenisnya, tapi yang paling banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah jenis kucing Anggora dan Persia karena bulu lebatnya pada tubuh mereka membuatnya terlihat lebih menggemaskan. Jadi, merawat kucing dapat berguna terhadap kesehatan mental dan juga mengurangi rasa kesepian.

  2. Anjing

    Anjing terkenal sebagai hewan yang cerdas dan penurut. Saking nurutnya, anjing dapat dengan mudah untuk dilatih melakukan beberapa hal yang dapat membantu kesehariaan manusia.

    Misalnya saja anjing-anjing di bidang kepolisian dilatih untuk dapat menemukan bau dari obat-obat terlarang seperti narkoba dengan kemampuan penciuman tajam yang dimilikinya. Bahkan di negara-negara maju, anjing dan kucing sudah masif dijadikan sebagai hewan terapi bagi pasien di rumah sakit.

    Selain itu, anjing dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya memliki tingkat kepekaan akan perasaan emosional pemiliknya. Hal ini bisa dilihat ketika sang pemilik bersedih maka anjing akan spontan menunjukkan raut wajah seperti merasakan dan ikut bersedih. Karena itu, anjing dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan yang mampu mengurangi tingkat stres dan bisa dijadikan sebagai teman bermain di waktu luang. Kehebatan lain dari anjing yang membuatnya sebagai kegemaran banyak orang adalah kesetiaannya terhadap tuannya.

    Karena ketika anjing tersesat, dia akan berusaha mencari jalan pulang menuju rumah pemiliknya, bahkan anjing dapat memberikan perlindungan kepada tuannya dari berbagai ancaman berbahaya.

  3. Ikan Hias

    Melihat sekumpulan ikan di dalam aquarium dapat menghilangkan rasa penat karena seharian bekerja. Ini terjadi berkat efek dari melihat ikan berenang di aquarium dengan berbagai jenis dan warna dapat memberikan rasa tenang pada otak sehingga mampu memberikan perintah untuk dapat mengistirahatkan tubuh.

    Berdasarkan penelitian, memandangi ikan berenang sama seperti ketika kita mendengarkan musik. Efek yang ditimbulkan saat menyaksikan gerakan ikan berenang kesana kemari adanya perasaan tenang seperti dihipnotis. Sehingga dapat memberikan kenyamanan untuk betah berlama-lama berdiam diri sambil memandangi ikan berenang di dalam aquarium.

  4. Burung

    Hewan unggas satu ini cukup populer dikalangan masyarakat yang ingin memiliki hewan untuk dipelihara. Pasalnya, beberapa jenis burung diketahui memiliki kemampuan dalam mengeluarkan suara yang merdu hingga dapat berbicara dengan manusia seperti burung beo.

    Kemampuan burung dalam bersuara apalagi ketika saling bersahutan dapat dijadikan sebagai metode meditasi, yoga, atau menenangkan pikiran dengan mendengarkan suara-suara merdu burung hasilkan. Hal ini terbukti efektif untuk menekan tingkat stress dan beban pikiran, terutama bagi mereka yang dibuat sibuk akan pekerjaan kantor.

    Tapi perlu diktahui, tidak semua jenis burung dapat dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan. Beberapa jenis burung langka dilarang untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau untuk dikonsumsi sebagai langkah pemerintah dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

  5. Kura-Kura

    Hewan jenis reptil tidak berbahaya yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan adalah kura-kura. Sering berinteraksi dengan hewan terkenal akan umur panjangnya yang satu ini sipercaya dapat meghilangkan stres dan menjaga kesehatan mental dari waktu ke waktu.

    Kura-kura juga bisa dikatakan sebagai hewan yang unik dan mudah dalam perwatannya. Karena hanya memerlukan kolam berisi air saja agar mereka dapat melakukan aktivitas berenang dan makanan bervariasi tergantung jenisnya. Jenis kura-kura Red Ear Slider dari Brazil dengan warna merah di bagian telinga sebagai ciri khasnya yang biasanya dijadikan hewan peliharaan oleh masyarakat.

Namun, perlu diketahui juga bahwa kura-kura perlu dihindari berinteraksi dengan anak di bawah umur 5 tahun. Hal ini dikarenakan kura-kura dapat membawa bakteri salmonela yang dapat ditularkan ke anak-anak dengan imunitas tubuh yang rendah.

(Forman/HRC-MaG)

Baca Juga: Pertalite Kritis, Masyarakat Diminta Berhemat

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB

Hentikan! Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Jumat, 2 September 2022 | 23:23 WIB
X