Ingin Tetap Sehat? Berikut 5 Jenis Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

- Senin, 8 Agustus 2022 | 17:44 WIB
Ilustrasi diabetes. (Dok.ist)
Ilustrasi diabetes. (Dok.ist)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Seorang penderita penyakit diabetes dituntut untuk bisa selektif dalam memilih makanan, terutama yang mengandung karbohidrat. Karena pada dasarnya, makanan dengan kandungan karbohidrat didalamnya akan diolah menjadi gula oleh tubuh sehingga dapat membahayakan diri pasien penderita penyakit diabetes.

Hal ini merupakan salah satu upaya agar terhindar dari meningkatnya gula darah yang dapat membahayakan diri pasien karena penyakit yang diderita.

Oleh karenanya, seorang dengan riwayat penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk bisa menghidari dari mengkonsumsi makanan dan minuman tinggi akan karbohidrat atau gula seperti nasi putih, roti, yogurt rendah lemak, hingga jus buah yang dalam proses pembuatannya banyak menambahkan gula sebagai pemanis tambahan.

Walau buah dengan bermacam-macam jenis banyak mengandung gula, nyatanya penderita diabetes tetap disarankan untuk bisa mengkonsumsinya karena mengandung berbagai nutrisi baik untuk tubuh agar tetap dapat berkerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Dilansir dari Alodokter, terdapat 5 jenis buah aman untuk dikonsumsi bagi pasien penderita penyakit diabetes. Berikut ulasannya:

  1. Apel

    Buah dengan banyak mengandung serat ini dapat dijadikan pilihan bagi penderita diabetes untuk dikonsumsi karena kandungan nutrisi baik didalamnya. Apel banyak mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi dan tentu tinggi akan serat. Menurut dokter gizi, saat mengkonsmsi buah apel disarankan bersamaan dengan kulitnya karena bagian ini mengandung banyak gizi dan antioksidan baik bagi tubuh.

    Buah tinggi serat ini juga diketahui ampuh dalam mencegah peningkatan kadar dula darah secara signifikan, karena rendah akan kandungan indeks glikemik. Selain itu, saat mengkonsumsi apel serat pada buah ini dapat memberikan efek perut kenyang lebih lama, memperlambat penyerapan nutrisi seperti gula ke dalam aliran darah sehingga kolesterol dapat berkurang.

  2. Anggur

    Buah berikutnya adalah anggur yang terkenal akan cita rasa asam dan manisnya. Anggur merupakan salah satu jenis buah dengan tergolong masih masuk ke ke dalam keluarga berry seperti strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry. Di dalam anggur terdapat kandungan fruktosa dengan tugas dan fungsi untuk dapat menyerap glukosa dengan singkat.

    Buah anggur ini banyak mengandung beta karoten, vitamin, antioksidan, polifenol serta kalium dan dipercaya dengan kandungan-kandungan tersebut dapat berfungsi untuk memperlambat dari berkembangnya diabetes type 1 dan dapat membantu mengurangi tekanan darah sertra mencegah terjadinya resistensi insulin terhadap penderita diabetes type 2. Selain itu, kandungan antioksidan polifenol dalam anggur dapat memberikan peran dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

    Tidak sampai situ, anggur juga memiliki kandungan serat yang dapat berguna untuk program diet sehat bagi penderita diabetes. Karenanya, anggur sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes berkat berbagai khasiat yang dimiliki seperti halnya saat menkonsumsi buah matoa anggur dapat memberikan efek dalam menurunkan kadar gula darah sehingga baik untuk dikonsumsi.

  3. Pir

    Buah dengan rasa manis dan tekstur daging renyah seperti apel ini juga sangat dianjurkan untuk dikonsmusi penderita diabetes. Pir banyak mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin K, air, antosinain dan antioksidan tinggi.

    Sama seperti anggur, kandungan antioksidan dan antosianin dalam pir dapat berguna dalam membantu mengurangi resistensi insulin bagi penderita diabetes. Bukan hanya kandungan antosianin dan antioksidanya saja yang terkenal bermanfaat bagi penderita diabetes, serat dalam buah pir juga dapat berguna untuk menyehatkan sistem pencernaaan dalam tubuh.

  4. Kiwi

    Buah unik mirip sawo ini banyak mengandung vitamin C, serat, dan kalium tinggi serta adanya kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah kiwi ini cukup sehat apabila ingin dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah ini juga mengandung gula baik seperti inositol dengan manfaatnya dalam membantu mengendalikan kadadr gula dalam darah, sehingga kinerja insulin untuk menyerap glukosa dapat ditingkatkan dan dapat mengurangi aliran kadar gula dalam darah.

  5. Jeruk

    Buah oranye tinggi akan kandungan vitamin C ini merupakan salah satu jenis buah citrus (bersama dengan kacukan) sama seperti buah lemon, jeruk nipis, grapefruit dan buah citrus lainnya.

    Sama seperti buah-buah sehat sebelumnya, jeruk memiki kandungan serat yang baik untuk sistem pencernaan dalam tubuh penderita penyakit diabetes. tidak hanya itu, serat tersebut juga berguna dalam menurunkan kadar gula pada aliran darah dalam tubuh. Buah ini juga mengandung zat antioksidan dengan manfaatnya baik untuk menjaga imunitas tubuh. Karenanya, jeruk dapat dijadikan salah satu menu cemilan bagi penderita penyakit diabetes.

Jika akan mengkonsumsi buah-buah lain yang juga sama seperti buah dalam list diatas, hendaknya merupakan buah-buah segar bukan dalam kaleng kemasan dan buah kering dengan melibatkan tambahan gula atau pemanis dalam proses pembuatannya.

Silahkan konsultasi dengan tenaga medis ahli seperti dokter gizi, jika ingin mendapat saran-saran buah lain yang aman untuk dikonsumsi dan juga agar dapat mengetahui pola makan sehat bagi Anda penderita penyakit diabetes.

(Forman/HRC-MaG)

Baca Juga: Menangislah, Ini 6 Manfaat Menangis Bagi Kesehatan Mental

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Jenis Makanan Pereda Stres, Salah Satunya Kacang

Rabu, 21 September 2022 | 02:01 WIB

4 Manfaat Sawo untuk Kesehatan, Bisa Jaga Imun!

Selasa, 20 September 2022 | 03:09 WIB

4 Manfaat  Bumbu Dapur Ini untuk Turunkan Kolesterol

Selasa, 13 September 2022 | 23:33 WIB

Ketahuilah, 7 Tipe Jerawat Dalam Tubuh dan Pertumbuhannya

Selasa, 13 September 2022 | 03:47 WIB

Penuh Gizi! 3 Manfaat dari Konsumsi Ikan Kakap

Selasa, 13 September 2022 | 02:10 WIB

Cobain Yuk! Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kamis, 8 September 2022 | 12:55 WIB

Hentikan! Inilah 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Mata

Jumat, 2 September 2022 | 23:23 WIB
X