Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

- Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB
Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi (Pixabay.com)
Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi (Pixabay.com)


Menangani anak kurang gizi memang tidak bisa secepat kilat. Nah, ini 5 cara mengatasi kekurangan gizi pada anak supaya anak bisa mengalami tumbuh kembang yang baik:

Variasi Menu Makanan dengan Nutrisi Lengkap
Makanan yang diberikan harus cukup mengandung karbohidrat, protein, mineral, buah dan susu. Mengikuti panduan isi piringku yang diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga baik. Apabila anak susah makan, Anda dapat mencoba membuat variasi menu makanan yang menarik dan menggugah selera, namun tetap harus memenuhi nutrisi yang lengkap.

Kombinasikan Makanan Kesukaan Anak
Jika anak tidak senang makan sayur dan buah, jangan dibiarkan. Anda harus mencari cara mengkombinasikan berbagai jenis makanan, dari makanan yang mereka tidak suka dengan makanan yang mereka suka. Misalnya, kombinasi buah dan es krim, mengolah buah menjadi es campur atau es buah, dengan catatan tidak boleh banyak gula.

Untuk sayuran, coba kreasikan berbagai sayur dengan bahan makanan lain, misalnya tahu isi yang dalamnya sayur, ikan masak kuah dengan sayuran seperti wortel, daun bawang, seledri, dan kol, atau coba membuat sayuran jadi pasta, sup, tim, dan sebagainya.

Baca Juga:Sederet Tips Jitu Membuat Anak Cepat Menghafalkan Pelajaran Di Sekolah

Makan Tepat Waktu dan pada Jam yang Sama
Jangan lupa untuk membiasakan anak makan tepat waktu dan pada jam makan yang sama. Misalnya, sarapan pada pagi hari dilakukan sebelum jam 7. Jam 10, anak mendapatkan satu porsi snack, lalu makan siang jam 12, dan makan malam jam 7 malam. Sementara di antara makan siang dan makan malam, ada 1 kali makan buah yang diolah dalam berbagai menu. Dengan cara ini, Anda yang mengenai ciri-ciri anak kekurangan gizi, bisa berusaha mengatasi kurang gizi pada anak.

cara mengatasi kekurangan gizi dengan makan tepat waktu di waktu yang sama
Kondisikan Suasana Makan yang Menyenangkan
Anak kadang stres karena memang tidak nafsu atau tidak suka dengan menu makanannya. Oleh karena itu, Anda bisa mulai belajar mengkondisikan suasana makan dengan cara yang lebih menyenangkan. Misalnya, makan sambil bercerita mengenai berbagai manfaat sayuran dan buah, namun cerita dipoles dengan gaya yang disukai anak. Hindari membiasakan anak makan sambil menonton televisi ya, karena bisa berdampak buruk jika dilakukan terlalu sering.

Melihat Gaya Anak Makan
Sama seperti orang dewasa yang memiliki cara dan gaya makan masing-masing, begitu pula dengan anak. Menjadi PR penting bagi orang tua untuk mengenali gaya makan anak, termasuk menu makanan dan minuman yang menjadi makanan kesukaan anak.

Setelah mengetahui gaya makan anak, coba berkreasilah untuk menciptakan berbagai menu makanan anak dengan variasi jenis makanan yang berbeda, termasuk memadukan makanan yang disukai anak dan yang tidak. Anda bisa mencari berbagai resep makanan enak dan praktis dari buku resep maupun berbagai resep online yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Cara mengatasi gejala anak kurang gizi memang membutuhkan proses dan penanganan yang baik akan meminimalisir kondisi gizi kurang menjadi lebih parah, atau malah menimbulkan dampak kekurangan gizi yang lebih berat.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: hallosehat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X