Simak, 5 Menu Sarapan Sehat Anak di Masa Pertumbuhan

- Kamis, 21 Juli 2022 | 22:03 WIB
Simak, 5 Menu Sarapan Sehat Anak di Masa Pertumbuhan (Pixabay.com)
Simak, 5 Menu Sarapan Sehat Anak di Masa Pertumbuhan (Pixabay.com)


Sarapan yang sehat untuk anak dimasa pertubuhan perlu memiliki keseimbangan karbohidrat, protein dan lemak, serta kalsium. Kombinasi ini memberi anak energi yang cukup untuk tumbuh kembangnya.

Namun sayangnya gaya hidup sibuk membuat banyak orangtua tidak sempat menyiapkan menu makanan sehat bagi anak-anak meraka sehingga mereka diberikan makanan yang tidak sehat dan merusak tumbuh kembang sang anak.

Untuk itu, sangat penting bagi orangtua memberikan anak sarapan sehat dimasa pertumbuhannya seperti menu sarapan berikut ini.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113708579/10-tips-mendidik-anak-dengan-baik-agar-sukses-dari-rumah


1. Telur
Menu sarapan sehat anak di masa pertumbuhan yang pertama adalah telur. Telur adalah makanan untuk pertumbuhan anak, terutama karena kandungan proteinnya yang tinggi. Protein sangatlah penting bagi tumbuh kembang anak.

Telur juga kaya akan vitamin B yang berperan vital dalam perkembangan serta fungsi otak. Selain itu, telur memiliki asam lemak omega-3, vitamin D, folat, zink, zat besi, dan selenium.

Telur bisa dimasak dalam berbagai cara, misalnya diorak-arik, digoreng, direbus, dan dibuat jadi telur dadar dicampur dengan beragam daging dan sayuran.

Sediakanlah 1 – 2 telur untuk sarapan anak, beberapa kali sehari. Ini akan memberikan energi yang dibutuhkannya agar tetap bersemangat sepanjang hari.

2. Buah


Menu sarapan sehat anak di masa pertumbuhan yang kedua adalah buah. Semangguk buah adalah sumber energi dan nutrisi yang baik untuk anak. Anda bisa mengombinasikan beberapa buah favoritnya. Untuk variasi, Anda juga bisa membuat jus buah atau smoothies. Kandungan vitamin C pada buah akan membantu zat besi terserap lebih optimal oleh tubuh anak.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X