Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi

- Jumat, 1 Juli 2022 | 23:59 WIB
Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi (Pixabay.com)
Fakta Penting! 5 Tips Menjaga Kesehatan Gigi (Pixabay.com)


Cara terbaik untuk mendapatkan gigi yang sehat adalah dengan menjaga kebersihan mulut secara rutin. Menyikat gigi dua kali sehari dan kebiasaan baik lainnya membantu menghilangkan plak sehingga Anda dapat menghindari gigi berlubang dan penyakit gusi.

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/kesehatan/pr-113688940/ketahui-5-manfaat-mengonsumsi-stroberi-bagi-kesehatan-tubuh

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis


Tips menjaga kesehatan gigi yang pertama adalah menghindari makanan dan minuman terlalu manis. Apakah gigi Anda pernah terasa kabur atau kasar? Jika demikian, Anda mungkin meninggalkan plak gigi di gigi Anda.

Plak suka makan gula dan menggunakannya untuk menghasilkan asam penyebab rongga. Anda mungkin merasakan plak pada gigi terutama setelah makan makanan manis. Penting untuk memeriksa label di toko karena banyak makanan yang menurut kami “sehat” tidak baik untuk gigi Anda.

Misalnya, beberapa rasa yogurt bisa mengandung banyak gula. Demikian juga, minuman olahraga sering mengandung lebih banyak gula daripada yang diperkirakan orang kebanyakan. Membatasi makanan dan minuman manis akan memudahkan Anda terhindar dari masalah kesehatan mulut.

2. Sikat Gigi 2 Kali Sehari
Tips menjaga kesehatan gigi yang kedua adalah rutin membersihkannya dua kali sehari. American Dental Association merekomendasikan Anda menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Fluoride terjadi secara alami dan telah lama dikenal manfaatnya bagi kesehatan mulut.

Faktanya, banyak kota memiliki air minum berfluoride untuk membantu mengurangi gigi berlubang. Pastikan Anda menyikat selama 2 menit sehingga Anda memiliki cukup waktu untuk membersihkan semua gigi Anda.

Jika Anda selalu menyikat gigi dengan satu kaki keluar dari pintu, Anda bisa meninggalkan plak di gigi belakang yang lebih sulit dijangkau. Bukan hal yang aneh bagi orang untuk mengembangkan gigi berlubang di gigi belakang mereka saat mereka terburu-buru.

3. Flossing Gigi Sekali Sehari

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: hellosehat.com, Klikdokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X