Ketahui, 5 Manfaat Mengonsumsi Stroberi Bagi Kesehatan Tubuh

- Jumat, 17 Juni 2022 | 22:22 WIB
Manfaat Stroberi (Pixabay.com)
Manfaat Stroberi (Pixabay.com)

Buah strawberry (Fragaria ananassa) tumbuh pertama kali di Negara Eropa pada abad ke-18 Buah stroberi memiliki perpaduan rasa manis, asam, serta menyegarkan. Buah ini didominasi oleh warna merah cerah dan berbentuk menyerupai hati.

Buah stroberi biasanya dikonsumsi dalam bentuk utuh, atau juga bisa dijadikan sebagai jus, smoothie, atau diolah menjadi selai. Sebagai salah satu buah yang banyak peminat nya, ternyata buah ini memiliki banyak kandungan gizi dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari The U.S. Department of Agriculture (USDA) food and nutrition menyatakan bahwa kandungan gizi yang terdapat dalam buah stroberi, yaitu kalium, vitamin c, asam folat, vitamin a, fosfor, serta serat. Sedangkan kandungan antioksidan nya berupa asam ellagic dan flavonoid (anthocyanin, quercetin, kaempferol, dan catechin).

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113517977/intip-berikut-6-pilihan-buah-untuk-diet-keto-dan-menyehatkan-bagi-tubuh

Berbagai macam vitamin dan mineral yang terdapat pada buah stroberi inilah yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari tulisan Megan Ware pada laman Medical News Today bahwa manfaat mengonsumsi buah stroberi bagi kesehatan, yaitu:

1. Mencegah penyakit jantung

Berbagai Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan anthocyanin dapat menurunkan resiko penyakit jantung, sedangkan quercetin memiliki sifat anti inflamasi yang berfungsi dalam menurunkan resiko penyakit aterosklerosis, selain itu kandungan mineral berupa kalium pada buah stroberi juga dapat membantu mencegah timbulnya penyakit jantung.

2. Mencegah stroke
Penelitian meta-analisis menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan flavonoid dapat menurunkan resiko penyakit stroke

3. Mencegah kanker

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X