Disoroti oleh WHO, Penyakit Cacar Monyet Menyebar di Komunitas LGBT

- Jumat, 27 Mei 2022 | 14:53 WIB
Ilustrasi LGBT (SatyaPrem dari Pixabay)
Ilustrasi LGBT (SatyaPrem dari Pixabay)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Penyakit cacar monyet (monkeypox) tengah menjadi sorotan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Diketahui penyakit ini bisa menular melalui hubungan badan.

Dikutip dari CNN Indonesia, sebagian besar kasus cacar monyet di dunia terjadi pada pasien yang diidentifikasi sebagai kaum LGBT.

Dikatakan WHO, penularan cacar monyet diidentifikasi melalui klinik kesehatan seksual di kalangan komunitas gay, biseksual, dan laki-laki yang berhubungan badan dengan sesama jenis.

"Beberapa kasus telah diidentifikasi melalui klinik kesehatan seksual di komunitas gay, biseksual dan laki-laki lain yang berhubungan seks dengan laki-laki," bunyi pernyataan imbauan WHO untuk komunitas LGBT.

Baca Juga: Batal Diakuisisi Duit Bahrain, AC Milan Sepi Pembeli?

"Penting untuk dicatat bahwa risiko cacar monyet tidak terbatas pada pria yang berhubungan seks dengan pria. Siapa pun yang memiliki kontak dekat dengan seseorang yang terinfeksi jadi berisiko (tertular)," papar badan itu menambahkan.

WHO menuturkan penyakit yang disebut monkeypox ini sedang meluas di beberapa negara di mana virus sebelumnya tak biasa ditemukan, terutama di Eropa.

"Beberapa dari kasus ini ditemukan di komunitas gay, biseksual, dan laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki. Kaum transgender dan orang dengan gender-diverse juga mungkin lebih rentan terkena wabah ini," bunyi pernyataan WHO.

Gejalanya meliputi:

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Potensi Penyakit Jantung Koroner, Deteksi Dini

Jumat, 5 Agustus 2022 | 23:56 WIB

Kenali 5 Cara Mengatasi Gejala Anak Kurang Gizi

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:35 WIB

3 Khasiat Salad Buah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Jumat, 22 Juli 2022 | 23:15 WIB
X