Ketauhi, Perkembangan Bayi dan Stimulasinya Salah Satunya Semakin Pintar Berguling

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 02:55 WIB
Perkembangan Bayi dan Stimulasinya (pixabay.com)
Perkembangan Bayi dan Stimulasinya (pixabay.com)

Bayi yang dilahirkan pasti akan mengalami tumbuh kembang seiring dengan bertambahnya usia. Indikator dari pertumbuhan bayi dapat terlihat setiap bulannya.


Pada usia 6 bulan, si Kecil semakin pintar berguling-guling seiring dengan semakin kuatnya otot-otot leher dan lengannya. Ia juga sudah mulai bisa mengonsumsi makanan padat pertamanya. Ketahui selengkapnya di sini. Bagaimanakah perkembangan bayi usia 6 bulan yang sesuai dengan milestone-nya? 

Baca Juga: https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113429491/optimalkan-tumbuh-kembang-berikut-daftar-mainan-bayi-6-8-bulan-yang-perlu-diketahui

Semakin Pintar Berguling
Si Kecil saat ini semakin pintar berguling-guling seiring dengan semakin kuatnya otot-otot leher dan lengannya. Si Kecil mungkin senang melakukannya, tetapi Mama harus berhati-hati saat meninggalkannya di atas tempat tidur atau tempat yang tinggi karena adanya kemungkinan ia terjatuh dari tempat tidurnya. Selain itu, berhati-hatilah ketika mengganti popok si Kecil. Minta tolong pada orang lain untuk menahan si Kecil agar ia tidak berguling.


Selain itu, si Kecil semakin pintar mencari perhatian Mama. Tidak hanya dengan menangis, si Kecil akan berusaha menarik perhatian Mama dengan menggeliat-geliat, mengoceh, dan lain sebagainya.


Pakaian yang Nyaman
Si Kecil yang semakin aktif memerlukan pakaian yang nyaman untuk menunjang aktivitasnya. Berilah pakaian yang longgar, melar, dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar si Kecil nyaman. Hindarkan si Kecil dari bahan pakaian yang kasar.


Perubahan Warna Tinja
Ketika si Kecil mulai mengonsumsi makanan padat pertamanya, mungkin warna dan bau tinjanya akan berubah. Ini adalah hal yang normal. Namun, perhatikan konsistensinya. Jika tinja si Kecil tergolong keras, kemungkinan ia mengalami konstipasi.

Ganti MPASI si Kecil dengan sayuran atau beberapa jenis buah-buahan. Perhatikan kandungan makanan yang terdiri dari apel, pisang, dan beras, karena dapat menyebabkan si Kecil konstipasi.
Did you know?
”Memberikan makanan padat pendamping ASI pada bayi umumnya mulai diperkenalkan saat si Kecil menginjak usia enam bulan. Ketahui selengkapnya di sini.“


Belajar Bahasa Isyarat
Saat berusia 6 bulan, si Kecil sudah bisa diajarkan bahasa isyarat. Misalnya, melambai untuk mengatakan "Selamat tinggal." dan menunjuk untuk mengatakan "Lihat itu!". Kemampuan motorik si Kecil berkembang lebih dahulu daripada kemampuan berbahasanya.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Halodoc.com, Orami.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X