Kenali Gejala Virus Baru Bernama 'Hendra', Sering Kelelahan Hingga Sakit Tenggorokan

- Rabu, 18 Mei 2022 | 20:44 WIB
Bentuk dari Virus Hendra (Wikipedia)
Bentuk dari Virus Hendra (Wikipedia)

HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Dunia kembali dilanda virus yang kembali menyerang masyarakat, setelah munculnya virus Covid-19, Hepatitis Misterius dan kini muncul virus baru yang bernama Virus Hendra.

Hal tersebut terjadi ketika virus baru ini ditemukan di Australia di bagian utara-tengah hingga di negara bagian Australia, Queensland bagian Tenggara.

Peneliti dari Griffith University, Australia mengemukakan virus Hendra yang ditandai dengan kode 'HeV' dengan nama ilmiah 'Hendra Henipavirus' tersebut merupakan penyakit zoonosis atau berasal dari hewan yang dapat tertular ke manusia.

Virus Hendra juga termasuk dalam keluarga Orthornavirae dan juga mengandung Virus Nipah yang dapat menyebabkan wabah penyakit.

Sebelumnya, penyakit tersebut sempat muncul pada tahun 1994 da 2016, dimana dalam jurnal Emerging Infectious Disease, varian baru virus Hendra telah dideteksi melalui urin kelelawar berkepala hitam dan abu-abu yang tersebar di New South Wales hingga Queensland Tenggara.

Baca Juga: Ampuh! Catat 8 Tips Efektif Cegah Penyebaran Infeksi pada Anak, Lindungi Dari Penyakit

Gejala dari Virus Hendra ini dapat terlihat antraa 5-21 hari setelah melakukan kontak dengan hewan yang terkena virus tersebut. Berikut gejala-gejala yang ditimbulkan oleh Virus Hendra (HeV) pada manusia:

  1. Demam
  2. Batuk
  3. Sakit kepala
  4. Sakit tenggorokan
  5. Sering kelelahan

Dampak buruk yang lebih serius dari infeksi virus Hendra ini adalah seseorang dapat terkena ensefalitis atau meningitis ataupun radang otak dan hal tersebut dapat berkembang dan bisa membuat seseorang mengalami kejang-kejang hingga jatuh koma.

Baca Juga: Waspada Pemberian Makanan Untuk Bayi 6 Bulan: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Diberikan

Berikut cara pencegahan penyebaran Virus Hendra yang dikutip dari suara:

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Suara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X