Waspada Pemberian Makanan Untuk Bayi 6 Bulan: Apa yang Boleh dan Tidak Boleh Diberikan

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:28 WIB
 Makanan Untuk Bayi 6 Bulan:  (Pixabay.com)
Makanan Untuk Bayi 6 Bulan: (Pixabay.com)

 

Kini ada beragam produk makanan bayi 6 bulan berjenis instan yang mudah dijumpai di supermarket. Namun, proses pengolahan yang terlalu panjang membuat makanan bayi instan tidak mengandung banyak nutrisi dan vitamin. Inilah alasan mengapa mengolah sendiri makanan bayi 6 bulan lebih disarankan, agar bayi dapat memperoleh nutrisi dan vitamin yang memadai.

Pada awalnya, bayi 6 bulan hanya mampu mengonsumsi sekitar satu sendok teh sayuran atau buah dalam sekali makan. Kemudian, porsinya akan bertambah secara  bertahap seiring waktu.

Selain buah dan sayuran, makanan bayi 6 bulan juga dapat dibuat dari beragam jenis makanan sehat lainnya. Beberapa pilihan makanan bayi 6 bulan, antara lain:

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/lifestyle/pr-113372941/jangan-khawatir-inilah-11-penyebab-bayi-menolak-makan

Sereal, disarankan untuk memilih yang bebas gluten. Buah dan sayuran yang dihaluskan, seperti avokad, pisang, pir, kentang, wortel, brokoli, kol, bayam, apel, strawberry, wortel, anggur, tomat dan timun. Daging yang dihaluskan, seperti ayam atau sapi. Tahu yang dibuat menjadi bubur.
Kacang-kacangan yang dihaluskan, seperti edamame, kacang merah dan kacang hijau.
Nah, sebagai langkah awal dalam memberikan makanan bayi 6 bulan, Anda dapat menggunakan satu jenis bahan untuk dibuat bubur. Berikut beberapa jenis bubur yang dapat Anda coba:

Bubur pisang
Pisang adalah buah yang kaya serat dan kalium yang aman bagi perut bayi. Namun, jangan terlalu sering memberikan pisang karena berisiko menyebabkan konstipasi.


Cara membuatnya adalah dengan melumat pisang dengan garpu, lalu tambahkan ASI atau susu formula untuk mengencerkannya.


Bubur alpukat
Alpukat mengandung lemak baik yang bermanfaat untuk perkembangan fisik dan otak bayi. Lumat alpukat dengan garpu, kemudian tambahkan ASI atau susu formula. Sisa alpukat yang belum digunakan dapat dimasukkan ke dalam wadah dan disimpan di lemari pendingin.


Bubur beras merah
Sebagai bahan makanan pokok yang tidak menyebabkan alergi, beras merah merupakan pilihan yang tepat untuk makanan bayi 6 bulan, karena juga mudah dicerna. Selain itu, bubur beras merah juga baik bagi bayi, karena beras merah mengandung berbagai macam nutrisi, mulai dari vitamin B, folat, kalsium, natrium, zinc, hingga kalium.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X