Awas, Bisa Berdampak Buruk! Gemar Konsumsi Minuman Dan Makanan Tinggi Gula Membuat Kesehatanmu Terganggu

- Senin, 18 April 2022 | 11:15 WIB
Gemar Konsumsi Minuman Dan Makanan Tinggi Gula Membuat Kesehatanmu Terganggu (Pixabay.com)
Gemar Konsumsi Minuman Dan Makanan Tinggi Gula Membuat Kesehatanmu Terganggu (Pixabay.com)

Mengonsumsi makanan dan minuman kemasan yang memiliki rasa manis memang dapat meningkatkan mood dan seakan mampu menghilangkan rasa lapar.


Namun, pastikan kamu mengonsumsinya dalam batas wajar, ya! Karena, makanan dan minuman kemasan khususnya yang memiliki rasa manis seringkali mengandung gula yang cukup tinggi di dalamnya.


Saat tubuh menerima asupan gula berlebih, terdapat beberapa dampak buruk yang bisa saja muncul. Yuk, ketahui lebih lanjut pada artikel ini supaya kamu makin tau.


Mengapa Kita Perlu Mengontrol Asupan Gula?
Gula merupakan salah satu sumber energi yang tubuh butuhkan. Namun ternyata, kelebihan asupan gula setiap harinya juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, lho! Adapun jumlah gula maksimal yang dapat dikonsumsi perhari menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah 50gr per hari atau setara dengan 5-9 sendok teh.


Lalu, apa saja dampak kesehatan yang bisa ditimbulkan jika konsumsi gula dalam tubuh berlebihan?

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/kesehatan/pr-112670762/jangan-takut-makan-coklat-intip-7-manfaat-coklat-bagi-kesehatan-salah-satunya-bisa-tingkatkan-fungsi-otak


1. Muncul Rasa Lapar Terus Menerus
Mengonsumsi makanan dan minuman tinggi gula ternyata bisa menyebabkan munculnya rasa lapar terus menerus. Lebih detailnya, ketika tubuh menerima asupan gula secara berlebih, resistensi terhadap leptin, hormon pengatur rasa lapar dan pengendali nafsu makan, akan berkurang sehingga muncul rasa lapar yang berlebihan.

Hal ini secara langsung juga meningkatkan berat badan berlebih atau obesitas yang bisa dialami oleh siapa saja.


2. Karies Gigi
Penelitian yang dilakukan tahun 2001 oleh Journal of Dental Education menyatakan bahwa penyakit karies gigi atau gigi berlubang salah satunya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di mulut dan menggerogoti sisa makanan yang menempel dan merubahnya menjadi asam.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Halodoc.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X