Bahaya! Jangan Asal Beri Obat pada Bayi, Lakukan 5 Tips Atasi Batuk Pilek pada Bayi

- Rabu, 13 April 2022 | 21:04 WIB
Lakukan 5 Tips Atasi Batuk Pilek pada Bayi (Pixabay.com)
Lakukan 5 Tips Atasi Batuk Pilek pada Bayi (Pixabay.com)

Saat memasuki musim hujan, penyakit seperti batuk dan pilek memang sangat mudah menyebar. Kalau punya bayi dan orang di sekitar kena batuk pilek, pasti cemas si kecil akan tertular.

Dikutip dari Healthline, setiap bayi dilahirkan dengan imunitas atau kekebalan terhadap berbagai penyakit.Meski begitu, bayi butuh waktu untuk mematangkan sistem imunitas dalam tubuhnya.

Tahukah, Bunda, ada lebih dari 200 tipe virus yang bisa menyebabkan batuk pilek. Jangan khawatir, sebagian besar pilek yang menyerang bayi justru akan membantu meningkatkan kekebalan mereka.

Namun, tetap waspada terhadap pemberian obat tanpa aturan dokter, sebaiknya dihindari untuk si kecil. Apa yang Sebaiknya Dilakukan? Alih-alih memberikan obat pilek bayi, beberapa tindakan di bawah ini disarankan kepada para orang tua saat bayi mereka mengalami flu

Baca Juga:https://riau.harianhaluan.com/kesehatan/pr-112666117/jangan-panik-jika-anda-terinfeksi-omicron-coba-7-langkah-agar-cepat-pulih

1. Redakan demam Si Kecil
Jika Si Kecil baru berusia 0–3 bulan dan mengalami demam, orang tua atau pengasuh disarankan segera menghubungi dokter.

Jangan sembarang memberi obat penurun panas yang dijual tanpa anjuran dari dokter. Jika Anda ragu, hubungi dokter untuk memastikan dosis pemberian yang tepat.

2. Berikan minuman untuk mencegah dehidrasi
Penting untuk menjaga cairan tubuh bayi, berapa pun usia Si Kecil. Jika bayi berusia kurang dari 4 bulan, hanya ASI atau susu formula yang dibutuhkan, bukan cairan lainnya.

Jika bayi Anda telah berusia empat bulan atau lebih, Anda bisa menambahkan sedikit air putih selain ASI. Jus yang diencerkan dengan air putih boleh saja diberikan kepada bayi berusia 6 bulan ke atas.

Halaman:

Editor: Ayu Wiharyati

Sumber: Alodokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X