Perlu Tahu! Inilah 4 Penyakit Penganggu Kesehatan Wanita yang Sulit Didiagnosis Dokter

- Senin, 28 Maret 2022 | 18:23 WIB
Perlu Tahu! Inilah 4 Penyakit Penganggu Kesehatan Wanita yang Sulit Didiagnosis Dokter (Pixabay.com)
Perlu Tahu! Inilah 4 Penyakit Penganggu Kesehatan Wanita yang Sulit Didiagnosis Dokter (Pixabay.com)


HALUANRIAU.CO, KESEHATAN - Diagnosis yang tepat akan membuat penanganan penyakit lebih mudah. Namun, sebenarnya tidak demikian. Terdapat beberapa penyakit yang sulit didiagnosis, khususnya yang dialami wanita.

Apa saja penyakit yang sulit dideteksi pada wanita, serta penyebabnya? lihat di bawah ini

1. Vaginismus

Kalau kamu mengalami kesulitan saat melakukan penetrasi seksual, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh pengencangan otot dasar panggul. Kondisi ini disebut juga dengan vaginismus. Wanita segala usia bisa terserang penyakit ini, bahkan vaginismus bisa terjadi kapan saja.

Penyakit satu ini sulit didiagnosis karena memang jarang terjadi. Di samping itu, penyebabnya pun cukup beragam. Beberapa di antaranya adalah menopause, efek konsumsi obat tertentu, hingga gangguan samping persalinan.

Namun, ada beberapa gejala yang bisa kamu waspadai terkait penyakit vaginismus ini, yaitu kejang otot pada kaki, punggung, atau daerah panggul; sulit melakukan penetrasi; rasa perih saat penetrasi berhasil dilakukan; serta serangan panik saat berhubungan.

Baca Juga: Ciptakan Rasa Aman Jelang Ramadhan, Polda Riau dan Jajaran Gelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan

2. Endometriosis

Endometriosis penyakit adalah yang menyerang jaringan endometrium, lapisan di bagian dalam rahim saat memasuki masa pinggiran. Ketika endometriosis terjadi, jaringan endometrium justru tumbuh ke luar rahim hingga mengenai ovarium.

Bahkan bisa membentuk kista ovarium di area ini. Karena jaringan endometrium tumbuh tidak normal, maka wanita akan merasakan sakit yang luar biasa. Umumnya, rasa sakit ini muncul saat wanita memasuki pasa PMS dan menstruasi.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Klikdokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X